Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group

Bill Gates, Donald Trump, dan Pandemi Virus Corona

Bill Gates telah memprediksikan bakal adanya pandemi virus corona. Prediksi ini juga disampaikan Gates kepada Donald Trump, tentang bahayanya pandemi.
Newswire
Newswire - Bisnis.com 13 Mei 2020  |  08:12 WIB
Ramalan Bill Gates tentang pandemi yang lebih banyak membunuh orang daripada perang telah terbukti
Ramalan Bill Gates tentang pandemi yang lebih banyak membunuh orang daripada perang telah terbukti

Bisnis.com, JAKARTA - Bill Gates pernah memberikan peringatan kepada Presiden AS Donald Trump tentang adanya ancaman yang bakal timbul terkait pandemi pada beberapa tahun lalu.

Mengutip The Wall Street Journal, Senin, 11 Mei 2020, sebagaimana dikutip Business Insider, menyebutkan bahwa selama pertemuan di Trump Tower dengan presiden terpilih saat itu, Gates membahas bahaya penyakit menular dan mendesak Trump untuk memprioritaskan upaya kesiapsiagaan negara.

Bill Gates juga menyampaikan peringatan tersebut secara pribadi kepada kandidat presiden lainnya.

Saran Gates untuk lebih banyak investasi kesehatan masyarakat bukanlah hal yang baru pada saat itu. Selama TED Talk 2015, Gates mengatakan virus menimbulkan risiko terbesar bencana global relatif terhadap ancaman lain.

“Jika ada yang membunuh lebih dari 10 juta orang selama beberapa dekade ke depan, kemungkinan besar itu adalah virus yang sangat menular daripada perang. Bukan rudal, tetapi mikroba," kata Gates selama pembicaraan.

Dia menambahkan bahwa negara-negara telah menghabiskan banyak uang untuk menghindari perang nuklir tetapi hampir tidak ada investasi pada sistem untuk menghentikan epidemi.

Terlepas dari desakannya, Gates mengatakan kepada WSJ: "Saya berharap saya telah berbuat lebih banyak untuk memperhatikan bahaya."  

Pendiri Microsoft dan organisasi amal, Bill & Melinda Gates Foundation, itu telah berkomitmen lebih dari US$300 juta untuk upaya bantuan virus corona.

Gates tidak sendirian dalam ketakutannya tentang penyakit menular. Pejabat kesehatan masyarakat, komunitas intelijen AS, dan pejabat dari pemerintahan Obama yang akan meninggalkan pemerintahan semua berusaha untuk memperhatikan ancaman tersebut.

Trump telah menghadapi kritik tajam atas langkah-langkah yang diambilnya sebelum pandemi virus corona melanda, termasuk pemotongan dana untuk lembaga-lembaga dan program-program pemerintah yang bertanggung jawab untuk mendeteksi dan merespons epidemi dan mengabaikan banyak peringatan wabah.

Para kritikus juga mengatakan dia secara terbuka mengecilkan ancaman virus Corona (Covid-19), bahkan setelah ancaman itu menyebar luas di AS, dan merusak respons awal negara itu. Kini AS telah menjadi pusat pandemi, dengan lebih dari 1,3 juta kasus yang dikonfirmasi dan hampir 80.000 kematian.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

bill gates Virus Corona Donald Trump

Sumber : Tempo.co

Editor : Novita Sari Simamora
Bisnis Indonesia bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak virus corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 200-5202-055).
Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik Di Sini untuk info lebih lengkapnya.

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

BisnisRegional

To top