Pisang agung Lumajang berlabel agung semeru Lumajang./Antara-Diskominfo Lumajang
Health

Nutrisi Pisang Agung Semeru Berkali Lipat Dibandingkan Cavendish

Zufrizal
Jumat, 15 Mei 2020 - 19:47
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA — Peneliti di Ma Chung Research Center for Photosynthetic Pigments, Universitas Ma Chung, Malang, Jawa Timur, menemukan nutrisi provitamin A pada pisang Agung Semeru dari Kabupaten Lumajang lebih tinggi 40 hingga 90 kali lipat dibandingkan dengan pisang cavendish impor.

Kandungan itu membuat pisang dari Lumajang itu bisa dikonsumsi untuk mengatasi masalah nutrisi termasuk yang dikhawatirkan akan terjadi pada masa pandemi Covid-19 saat ini.

Peneliti Ma Chung Research Center for Photosynthetic Pigments (MRCPP) Rosita D. Chandra menerangkan bahwa selain kaya provitamin A, pisang Agung Semeru juga kaya asam amino, asam organik, dan gula yang dibutuhkan tubuh sehat.

“Kebutuhan harian seseorang adalah mendapat asupan vitamin A dan nutrisi cukup dipenuhi dengan mengonsumsi 150 gram pisang khas Kabupaten Lumajang ini,” ujarnya melalui siaran pers, Jumat (15/5/2020).

Menurut Rosita, asupan vitamin A bukan saja penting untuk kesehatan mata, melainkan juga diperlukan untuk pertumbuhan dan perkembangan sel dan jaringan tubuh jika terjadi kerusakan.

"Bahkan, vitamin A ini adalah salah satu vitamin yang penting untuk kinerja organ tubuh dan sistem kekebalan tubuh,” kata pria asal Kabupaten Lumajang itu.

Direktur MRCPP yang juga peneliti utama studi itu Tatas Brotosudarmo melihat potensi pisang lokal sebagai salah satu solusi untuk atasi krisis pangan di Indonesia.

Brotosudarmo, yang juga Wakil Ketua Bidang Sains dan Kebijakan di Akademi Ilmuwan Muda Indonesia, mengusulkan agar pemanfaatan potensi tersebut, terlebih dengan adanya ancaman krisis pangan karena pandemi Covid-19.

“Pemerintah harus melihat kembali potensi biodiversitas pangan lokal Indonesia untuk menghadapi krisis pangan ke depan,” katanya.

Penelitian yang hasil-hasilnya telah dimuat dalam International Journal of Food Science pada Selasa 12 Mei 2020 lalu ini diharapkan berperan memberi landasan ilmiah akan khasiat pisang Agung Semeru.

"Dengan hasil penelitian ini, masyarakat Indonesia bisa mendapatkan asupan makanan yang kaya gizi dengan harga yang relatif murah karena ketersediaannya melimpah."

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Zufrizal
Editor : Zufrizal
Bagikan

Tags :


Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro