Ilustrasi/Msutoday
Health

Cegah Corona, Masyarakat Harus Tetap Hidup Bersih dan Sehat

Yudi Supriyanto
Selasa, 19 Mei 2020 - 14:40
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA—Medical Expert Combiphar meminta masyarakat untuk mempertahankan kebiasaan positif yang terjadi pada masa pandemi virus Corona baru atau Covid-19.

Dokter Sandi Perutama Gani, Medical Expert Combiphar, mengharapkan agar masyarakat dapat terus mempertahankan pola hidup bersih dan sehat yang kini dijalankan selama masa pandemi Covid-19.

“Jangan sampai sudah dideklarasikan [bebas dari Covid-19], kita kembali ke kehidupan lama.  Kembali jorok. Makan tidak cuci tangan terlebih dahulu,” kata Sandi dalam virtual media briefing pada Selasa (19/5/2020).

Dia menjelaskan langkah masyarakat yang tidak mempertahankan pola hidup bersih dan sehat dan mengabaikan kebersihan diri dikhawatirkan dapat memacu gelombang kedua Covid-19 atau terkena penyakit lain yang disebabkan oleh virus.

Salah satunya adalah dengan fokus pada kebersihan tangan. Menurutnya, tidak mencuci tangan merupakan salah satu penyebab penyakit dapat berada di tubuh seseorang.

Dia mengingatkan tangan berfungsi untuk melakukan aktivitas sehari-hari, seperti makan, minum, memegang gawai, bekerja dengan komputer atau laptop, dan sebagainya – termasuk kegiatan di tempat umum. 

Seseorang dapat terkena penyakit ketika tangan yang terkontaminasi oleh bakteri atau virus penyakit digunakan untuk kegiatan langsung seperti makan atau minum tanpa membersihkan tangan terlebih dahulu.

Seseorang yang terkena penyakit, dia melanjutkan dapat menulari orang lainnya dengan penyakit tersebut.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro