Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group

Tips Bagi Lansia Atasi Kebosanan Selama Pandemi Virus Corona

Di tengah pandemi virus Corona, para manusia berusia lanjut (lanjut) disarankan untuk melakukan aktivitas hanya di dalam rumah.
Newswire
Newswire - Bisnis.com 20 Mei 2020  |  21:44 WIB
Ilustrasi - Futuretimeline.net
Ilustrasi - Futuretimeline.net

Bisnis.com, JAKARTA - Para lansia atau orang-orang dengan usia di atas 65 tahun merupakan kelompok yang paling rentan terserang virus Corona (Covid-19).

Maka, lansia disarankan tidak keluar rumah. Namun, berada di rumah terus menerus tidaklah mudah untuk dilakukan.

Sebab, dengan diam di rumah bisa meningkatkan rasa bosan dan berbagai masalah kesehatan fisik maupun mental. Beberapa masalah yang akan dialami lansia adalah Sebut saja sakit punggung akibat duduk seharian atau stres karena tidak bisa keluar dan bertemu orang-orang.

Menyiasatinya, situs USA Today dan Parents.com pun memberikan tips agar para lansia tetap nyaman berada di rumah walau dalam waktu lama. Berikut adalah empat diantaranya:

1. Tetap terhubung lewat sambungan telepon atau video call

Kunci utama dari kebahagiaan para lansia adalah komunikasi. Entah dengan saudara atau teman-teman, percakapan yang panjang bisa memperbaiki suasana hati dan pikiran. Jadi saat Anda ingin bertemu dengan seseorang dan terhalang akibat imbauan jarak sosial (social distancing), maka ada baiknya tetap terkoneksi lewat telepon atau video call.

2. Aktif berolahraga

Agar kesehatan tubuh tetap terjaga, berolahraga juga penting untuk dilakukan. Jika orang dewasa dan anak-anak bisa melakukan olahraga apapun secara bebas, tentu tidak demikian bagi lansia lantaran segara keterbatasannya. Sebagai solusi, aktivitas fisik yang disarankan adalah jalan santai. Anda bisa berjalan di dalam rumah ataupun mengitari komplek rumah.

3. Menjalankan hobi

Jika Anda tinggal bersama lansia, pahami hobi mereka. Misalnya menjahit atau berkebun, Anda pun bisa membantu lansia untuk merealisasikan hobi tersebut. Kegiatan yang seru ini bisa menstimulasi otak dengan melepas hormon serotonin sehingga lebih bahagia dan ceria dalam menjalani hari, meski dihadapkan dengan kondisi tak menentu seperti saat ini.

4. Membaca buku

Tak seperti anak muda yang tergila-gila dengan internet, para lansia lebih menyukai aktivitas tradisional seperti membaca buku. Ini bisa berupa buku novel, ensiklopedia, biografi atau komik. Adapun seluruhnya dapat membantu menciptakan imajinasi hingga travelling melalui otak. Jadi ini bisa dijadikan alternatif yang membahagikan sekaligus mengatasi kebosanan bagi lansia.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

lansia tips sehat Virus Corona covid-19

Sumber : Tempo.co

Editor : Novita Sari Simamora
Bisnis Indonesia bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak virus corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 200-5202-055).
Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik Di Sini untuk info lebih lengkapnya.

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

BisnisRegional

To top