Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group

Peneliti USU Bikin Masker Kain Lembap Direndam Air Kalsium untuk Tangkal Corona  

Peneliti dari Universitas Sumatra Utara (USU) membuat inovasi masker kain yang direndam air kalsium organik. Tujuannya, menangkal penyebaran penyakit virus corona baru SARS-CoV-2.
Newswire
Newswire - Bisnis.com 23 Mei 2020  |  03:33 WIB
Peneliti dari Universitas Sumatera Utara (USU), menginovasikan masker kain dengan merendamnya di air kalsium organik untuk semakin menangkal penyebaran COVID-19. ANTARA - Donny Aditra
Peneliti dari Universitas Sumatera Utara (USU), menginovasikan masker kain dengan merendamnya di air kalsium organik untuk semakin menangkal penyebaran COVID-19. ANTARA - Donny Aditra

Bisnis.com, JAKARTA -  Peneliti dari Universitas Sumatra Utara (USU) membuat inovasi masker kain yang direndam air kalsium organik. Tujuannya, menangkal penyebaran penyakit virus corona baru SARS-CoV-2.

"Masker kain yang direndam dengan air kalsium berfungsi sebagai adsorben atau penyerap partikel virus Covid-19, sehingga tidak masuk ke rongga mulut dan hidung," kata Sontang Sihotang, peneliti itu, Jumat  (22/5/2020).

Dia menjelaskan itu saat pembagian masker kain lembap yang telah direndam dengan air kalsium organik tersebut. Adapun larutan kasium organik sudah lama diciptakannya dari kulit kerang, tulang ikan, dan kulit udang.

"Saya jadikan kalsium yang bermanfaat untuk membantu menyerap kadar logam serta membuang racun dalam tubuh," katanya.

Dengan menggunakan masker kain yang telah direndam cairan itu, Sontang yakin, nano partikel dari Covid-19 pun bisa diserap oleh air kalsium organik.

 "Sehingga tidak sampai masuk ke mulut dan hidung orang yang memakai masker," katanya menambahkan.

Saat dipakai, masker kain dibuat lembap dari hasil rendaman air kalsium organik. Selain untuk memaksimalkan fungsi adsorben juga bisa bertahan lebih lama untuk semakin menangkal partikel Covid-19.

Menurut peneliti bergelar doktor itu, masker kain yang lembap hasil rendaman air kalsium organik juga berfungsi menyegarkan wajah pemakai selama beraktivitas di luar ruangan.

 

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

Virus Corona masker

Sumber : Antara

Editor : Nancy Junita
Bisnis Indonesia bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak virus corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 200-5202-055).
Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik Di Sini untuk info lebih lengkapnya.
0 Komentar

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

BisnisRegional

To top