Ilustrasi dokter akan menyuntikkan vaksin/istimewa
Health

Thailand Uji Coba Vaksin Covid-19 pada Monyet

Nancy Junita
Senin, 25 Mei 2020 - 05:16
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Thailand memulai uji coba vaksin Covid-19 pada monyet. Uji coba pada monyet itu merupakan lanjutan setelah uji coba sukses pada tikus.

Menteri Pendidikan Tinggi, Ilmu Pengetahuan, Riset dan Inovasi Thailand, Suvit Maesincee, mengatakan para peneliti telah memindahkan pengujian vaksin ke monyet dan berharap memiliki "hasil yang lebih jelas" dari efektivitas vaksin itu pada bulan September mendatang seperti dikutip dari www.timesofindia.com, Minggu (24/5/2020).

Uji coba pada monyet itu sudah dimulai pada Sabtu (23/5/2020).

"Proyek ini adalah untuk umat manusia, bukan hanya orang Thailand. Perdana menteri (Prayuth Chan-ocha) telah menguraikan kebijakan bahwa kami harus mengembangkan vaksin dan bergabung dengan tenaga kerja komunitas dunia dalam hal ini," kata Suvit kepada wartawan.

Thailand mengumumkan pada hari Rabu (20/5/2020), bahwa mereka sedang mengembangkan vaksin - salah satu dari setidaknya 100 vaksin potensial dalam pekerjaan di seluruh dunia - dan berharap untuk memproduksinya pada tahun 2020.

Suvit mengatakan bahwa Thailand telah mempersiapkan dua pabrik untuk vaksin Covid-19, penyakit yang disebabkan oleh virus corona baru SARS-CoV-2.

Sejak virus baru itu muncul di China akhir tahun 2019, Covid-19 telah menyebar di seluruh dunia, menginfeksi lebih dari 5 juta orang dan membunuh lebih dari 300.000.

Vaksin Covid-19 yang diuji coba Thailand menggunakan messenger RNA, yang mendorong sel-sel tubuh untuk memproduksi antigen, molekul di permukaan virus, yang memacu sistem kekebalan tubuh.

Vaksin Covid-19  itu sedang dikembangkan oleh National Vaksin Institute, Departemen Ilmu Kedokteran dan pusat penelitian vaksin Universitas Chulalongkorn.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Nancy Junita
Editor : Nancy Junita
Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro