Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group

Pembatasan Sosial Dorong Aplikasi Resso Sediakan Wadah Interaksi Para Musisi

Streaming online mencatatkan pertumbuhan 9 persen selama masa pandemi ini dan 74 persen konsumen berencana untuk melanjutkan perilaku tersebut.
Gloria Fransisca Katharina Lawi
Gloria Fransisca Katharina Lawi - Bisnis.com 16 Juni 2020  |  14:51 WIB
Penyanyi Raisa menyanyikan "single" terbarunya berjudul Teristimewa saat peluncuran menjelang konser tunggalnya bertajuk "Raisa Live in Concert" Jakarta 2020 di Jakarta, Kamis (13/2/2020). - ANTARA / Aprillio Akbar
Penyanyi Raisa menyanyikan "single" terbarunya berjudul Teristimewa saat peluncuran menjelang konser tunggalnya bertajuk "Raisa Live in Concert" Jakarta 2020 di Jakarta, Kamis (13/2/2020). - ANTARA / Aprillio Akbar

Bisnis.com, JAKARTA -- Industri musik yang secara global bernilai lebih dari US$50 miliar akibat pandemi Covid-19 terkena dampak yang sangat besar karena berkurangnya event dan acara temu penggemar.

Resso, sebagai platform streaming musik sosial meluncurkan inisiatif mendukung para musisi agar tetap terhubung dengan penggemar mereka. Hal ini menjawab kebutuhan musisi yang tidak melakukan pertunjukan langsung dan penjualan fisik.

Survei dari McKinsey menunjukkan di mana 37 persen konsumen membelanjakan lebih banyak untuk hal-hal seperti hiburan. Streaming online juga memperoleh pertumbuhan 9 persen selama masa pandemi ini dan 74 persen konsumen berencana untuk melanjutkan perilaku tersebut.

Christo Putra, Head of Music Resso Indonesia menjelaskan, masa pandemi ini telah menciptakan peluang bagi musisi untuk tetap terhubung langsung dengan penggemar mereka, meski terbatas jarak.

"Melalui inisiatif kami, Resso ingin memberdayakan musisi untuk memiliki platform untuk mengekspresikan kreativitas dan terus melibatkan penggemar mereka melalui musik, terutama selama masa yang penuh tantangan ini," kata Christo melalui siaran pers, Selasa (16/6/2020).

Resso pun meluncurkan sesi Q&A melalui aplikasinya di mana penggemar dapat berinteraksi langsung dengan musisi favorit melalui kolom komentar di lagu mereka. Beberapa musisi telah bergabung dalam kegiatan ini.

Misalnya saja, Rahmania Astrini, penyanyi berusia 19 tahun yang memulai karirnya pada 2017 melalui lagu 'Menua Bersama' adalah salah satu seniman yang berkolaborasi dengan Resso pada Sesi Q&A. Pada bagian komentar dari lagu barunya "Tak Bisa" dengan Nino "RAN" di aplikasi Resso, dia sangat menikmati dalam menjawab pertanyaan dari penggemar.

Topiknya beragam, yaitu dari proses rekaman hingga kegiatan selama bulan Ramadan. Beberapa penggemar bahkan menanyakan saran tentang hubungan pribadi mereka terkait tema lagu romansa yang dimiliki Rahmania Astrini tersebut.

Rahmania mengaku sangat merasa senang dapat berbincang dengan orang-orang yang menikmati musiknya. Sesi Q&A pun membuat mereka berbicara tentang hampir semua hal di kolom komentar Resso. Dia pun merasa sangat terhubung dan tidak pernah berpikir itu mungkin terjadi sebelumnya.

"Saya bisa memberi mereka wawasan tentang proses pembuatan lagu terbaru saya dan menjawab keingintahuan mereka. Ini membuat saya menyadari betapa pentingnya platform digital bagi kita, sebagai musisi, pada saat-saat seperti ini, ” ungkap Rahmania.

Musisi lain yang bergabung dengan sesi tanya jawab dengan Resso adalah Monica Karina dan Mira Jasmine. Dua musisi berbakat ini, yang juga teman dekat, datang bersama untuk sebuah proyek duet untuk lagu mereka yang terinspirasi oleh lagu R&B, “Congratulations”.

"Ini pengalaman yang sangat baru bagi saya. Rasanya sangat personal karena kami harus menjawab pertanyaan satu per satu. Terhubung dengan penggemar kami melalui media sosial yang dikombinasikan dengan aplikasi streaming musik, seperti Resso, sangat penting saat ini," jelas Mira.

Mira Jasmine menyebut terobosan ini adalah salah satu dari banyak cara yang dapat dilakukan agar para musisi dapat tetap terhubung dan berinteraksi dengan audiens.

Monica Karina menambahkan berkat fitur-fitur tersebut, Resso telah membantu dia untuk terhubung kembali dengan penggemar dan orang-orang yang menikmati musiknya. Dari berinteraksi melalui bagian komentar untuk setiap lagu, hingga betapa mudahnya membagikan lagu dan playlist favorit Monica ke media sosial.

"Saya pribadi merasa bahwa kehadiran secara online adalah kuncinya saat ini. Karena acara offline tidak mungkin dilakukan dalam waktu dekat, pemanfaatan platform digital yang ada dapat membantu musisi mempertahankan eksistensinya di industri," tambahnya.

Selain sesi Q&A, Resso sebelumnya mengadakan kegiatan #DiRumahBarengResso, yang merupakan sesi take-over akun Instagram resmi Resso (@ressoidn) untuk menghibur para pengguna selama periode #DiRumahAja dengan berbagai musisi, seperti Raisa, Andien, Isyana Sarasvati, Eva Celia, The Panturas, Teddy Adhitya, dan Laze. Setiap sesi merupakan memiliki keunikan tersendiri dan tanpa filter, mengungkapkan sisi artis yang banyak penggemar belum pernah mengetahui sebelumnya.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

aplikasi streaming musisi
Editor : Novita Sari Simamora
Bisnis Indonesia bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak virus corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 200-5202-055).
Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik Di Sini untuk info lebih lengkapnya.
0 Komentar

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

BisnisRegional

To top