Krunal Patel/Auckland University
Relationship

Pasta Gigi Kelapa dan Cengkeh dari Selandia Baru

Lukas Hendra TM
Kamis, 25 Juni 2020 - 17:57
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA – Tahukah Anda mengapa Sulawesi Utara dijuluki Bumi Nyiur Melambai?

Tentu saja penamaan itu karena banyaknya jumlah pohon kelapa di wilayah tersebut. Selain diolah sebagai kopra, kelapa juga diolah menjadi minyak kelapa (coconut oil) yang tengah digandrungi oleh masyarakat global.

Tak hanya kelapa, provinsi di ujung utara pulau Sulawesi ini juga memiliki produk cengkeh yang masih dikelola oleh petani tradisional. Cengkeh kemudian dijual di pengepul untuk dikirim ke pabrik rokok.

Baru-baru ini, peneliti kimia dari Universitas Auckland (Auckland University) Selandia Baru, justru mengkombinasikan kedua bahan itu –minyak kelapa dan cengkeh—untuk pasta gigi. Bahkan diklaim memiliki efek memutihkan gigi yang baik.

Dalam laman resmi Auckland University mengungkapkan ada beberapa aspek penting dalam merumuskan pasta gigi baru yang menantang bagi ahli kimia pemula yakni jumlah busa yang tepat dan rasa yang segar, dua yang sulit untuk dilakukan dengan tepat.

Namun, setelah delapan bulan melakukan percobaan --menggunakan rekan kerja sebagai kelinci percobaan manusia-- , produk pasta gigi kandidat PhD Universitas Auckland Krunal Patel berbahan alami tersedia di pasaran dan dijual dengan baik di bawah merek Red Seal.

“Sering kali saya merasa tidak bisa melakukannya dengan benar. Orang akan merasakannya dan mengatakan itu tidak memiliki rasa yang segar atau tidak cukup berbusa. Tapi saya sudah angkat tangan untuk proyek ini jadi saya terus mencoba,” katanya seperti dikutip dari laman Auckland University, Rabu (24/6/2020).

Krunal, yang telah bekerja di Red Seal sambil menyelesaikan PhD paruh waktu, belajar farmakologi dan kimia obat untuk gelar sarjana dan magister dan sekarang berada di tahun terakhir gelar doktor dalam bidang kimia komputasi - pemodelan molekul protein dan enzim sebagai potensi target obat termasuk untuk TBC dan kanker.

“Studi doktoral saya telah sangat berguna dalam proyek ini, seperti siapa pun yang telah melakukan PhD akan memberi tahu Anda, itu mengajarkan Anda bagaimana melakukan penelitian mendalam, Anda belajar untuk benar-benar fokus, untuk mengembangkan strategi penelitian dan Anda juga mengembangkan banyak dan banyak kesabaran, ” katanya.

Pasta gigi yang mengandung bahan alami telah menjadi populer akhir-akhir ini karena semakin banyak orang beralih ke produk berbasis herbal untuk berbagai keperluan sehari-hari, dari sampo hingga deodoran.

Hanya saja, pasar untuk produk-produk dengan bahan-bahan alami lebih kompetitif. Pasta gigi tidak hanya memiliki rasa yang enak, tetapi juga harus memiliki elemen pembusa dan untuk mengklaimnya benar-benar memutihkan gigi, harus diuji di laboratorium independen bersertifikat.
"Laboratorium yang kami gunakan adalah di Inggris dan mereka mengujinya menggunakan blok enamel gigi manusia dan mereka menemukan itu memang memiliki efek memutihkan yang sangat melegakan," katanya.

Sebagian besar pasta gigi yang mengklaim lebih alami menggunakan kombinasi bahan standar yang diterima secara luas sebagai bahan pembersih seperti soda kue dan arang. Krunal mengatakan formulasinya unik karena menggabungkan kedua bahan tersebut dengan minyak kelapa dan ekstrak cengkeh.

Sementara itu, agar pasta gig, ia menggunakan lauryl glukosida yang berasal dari minyak kelapa sehingga ia bereksperimen dengan menambahkan minyak kelapa lebih umum untuk rasa.

"Itu adalah terobosan kritis karena minyak kelapa memberikannya krim halus dan membuatnya terasa enak," jelas Krunal.

Akankah, kesuksesan Krunel dalam memformulasikan coconut oil dan cengkeh akan mendorong pelaku industri pasta gigi Indonesia untuk menyambangi Sulawesi Utara sebagai daerah penghasil bahan baku untuk membangun basis industri mereka?

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Bagikan

Tags :


Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro