Rekan kerja yang toxic bisa menurunkan motivasi kerja/Popsugar
Relationship

Tips Hadapi Rekan Kerja yang Toxic

Desyinta Nuraini
Kamis, 2 Juli 2020 - 18:36
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA – Persaingan di dalam dunia kerja merupakan hal yang wajar. Namun persaingan tersebut haruslah sehat dengan menonjolkan prestasi yang dimiliki.

Tentunya akan sangat menjengkelkan jika persaingan yang terjadi tidak sehat dan berpengaruh buruk bagi situasi kerja bahkan kesehatan mental saat bekerja. Terutama ketika rekan kerja cemburu tanpa alasan.

Rekan kerja yang cemburu atau iri sering mencoba untuk membuat image buruk bagi si korban, terutama di hadapan bosnya, dan yang paling penting, mereka mencoba mengucilkan target dengan tidak memasukkannya ke dalam kegiatan kantor.

Melansir Times of India, Kamis (2/7/2020), berikut hal yang perlu dilakukan untuk mengatasi rekan kerja yang iri:

1. Tetap berjuang menjadi yang terbaik

Untuk menghadapi rekan kerja seperti itu, ada baiknya untuk tetap bersikap bijaksana. Misalnya tetap fokus melakukan pekerjaan dengan baik agar memenangkan pujian dan hati semua orang, terutama jika bos mulai menghargai upaya Anda.

Mungkin rekan kerja yang iri akan semakin meradang, tetapi jika Anda bagus dalam pekerjaan, memenuhi target dan menjadi aset yang dapat diandalkan, mereka akan mundur pada akhirnya.

2. Berpura-pura tidak tahu

Memang kerap kali emosi tak tertahankan ketika menghadapi rekan yang iri, lantas ingin memberitahu bagaimana perilakunya tersebut memengaruhi pekerjaan Anda. Kadang-kadang, langkah seperti itu bisa menjadi bumerang karena rekan kerja yang toxic itu akan merasa puas dengan apa yang dilakukan dan lebih bertekad menjalankan apa yang mereka lakukan.

3. Dokumentasi

Dokumentasikan semuanya seperti bekerja di akhir pekan, memenuhi tenggat waktu, mengerjakan pekerjaan tambahan, karena upaya pertama rekan kerja yang iri adalah membuat Anda terlihat buruk di depan orang lain, terutama bos Anda. Bahkan jika Anda melakukan semuanya dengan sempurna, mereka selalu dapat memanipulasi kebenaran.

4. Berteman dengan rekan kerja yang lain

Salah satu motif utama rekan kerja yang iri dan beracun adalah mengasingkan Anda sehingga Anda tidak mendapatkan bantuan atau dukungan dari orang lain selama dibutuhkan. Karena itu penting untuk memiliki teman di kantor.

Mengingat fakta bahwa rekan kerja Anda yang toxic akan berasal dari tim yang sama, Anda harus mencoba berteman di tim lain. Juga, saat memilih rekan sebaiknya memiliki otoritas yang lebih tinggi, jika memungkinkan.

5. Bersikaplah mudah pada diri sendiri dan sedikit memaafkan

Kami dapat memahami betapa stresnya bekerja dengan kolega yang mencoba menurunkan motivasi Anda dan menghambat produktivitas terus-menerus. Beberapa mungkin rusak di bawah tekanan seperti itu dan yang lain mungkin bekerja ekstra keras untuk membuktikan bahwa mereka salah. Dalam kedua kasus itu, ketika itu menjadi ekstrem, Anda cenderung berakhir dengan melukai diri sendiri secara mental.

Menjadi terlalu keras pada diri sendiri ketika orang-orang di sekitar Anda sudah bersikap keras, tidak akan membantu. Ini adalah waktu untuk menjadi kuat dan sedikit pemaaf, terutama, Anda perlu memberi diri Anda kredit untuk bertahan hidup bahkan selama sehari di lingkungan yang begitu beracun.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro