Ilustrasi/covid19.kemkes.go.id
Health

Air Sterilizator Karya Dosen Undip Ini Diklaim Bisa Bunuh Corona

Newswire
Selasa, 21 Juli 2020 - 14:15
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Sinar ultraviolet selama ini diketahui bisa membunuh virus dan telah digunakan dalam sterilisasi air di seluruh dunia.

Berdasarkan hal itu, dosen epidemiologi di Universitas Diponegoro (Undip) Semarang membuat alat sterilisasi udara berbasis sinar ultraviolet. Alat ini diyakini bisa membunuh virus Corona.

Alat sterilisasi udara buatan dosen program pascasarjana Undip Budi Laksono tersebut mulai dibuat pada Maret 2020 dan dinamai Air Sterilizator BC19.

"Virus ini tidak perlu kita filtrasi, tapi kita matikan dengan sinar [ultraviolet]," kata Budi dalam acara diskusi virtual yang diikuti dari Jakarta, Selasa (21/7/2020).

Budi menambahkan, ultraviolet (UV) efektif untuk membunuh virus dan telah digunakan dalam sterilisasi air di seluruh dunia.

Alat sterilisasi udara berbasis sinar ultraviolet dibuat Budi dengan menggunakan lampu, kipas angin, filter, kayu, dan paku.

Tabung ultraviolet dimasukkan ke dalam kotak kayu bersama kipas angin dan filter.

Kipas angin akan mengisap udara dari luar ke dalam kotak. Udara yang masuk akan melewati sinar ultraviolet yang ada di dalam kotak dan keluar dari kotak dalam keadaan sudah bersih dari virus.

"Lewatnya udara ke dalam boks ultraviolet itu otomatis udara akan mengalami sterilisasi sehingga udara yang keluar dari boks itu, virus-virusnya sudah pada mati," kata Budi.

Dengan alat sterilisasi berkapasitas lima liter per menit, ujar Budi, ruangan seluas 54 meter persegi dapat disterilkan dalam waktu sekitar 10 menit. 

Menurut Budi alat sterilisasi itu aman digunakan sepanjang hari bahkan ketika ada orang di dalam ruangan.

"Kalau ada orang di dalam ruangan itu alat ini bisa menyala terus karena ini dia ultraviolet tapi dia dalam satu boks jadi tidak keluar itu cahaya," kata Budi.

"Justru selama orang itu ada di kantor alat ini harus menyala karena ketika di kantor itu ada orang yang OTG (orang tanpa gejala) otomatis udara langsung disterilkan," tambah Budi.

Budi menjelaskan, alat sterilisasi dengan kapasitas 10 liter per menit memiliki ukuran panjang 120 cm, lebar 35 cm, dan tinggi 35 cm serta membutuhkan daya kurang lebih 90 watt.

"Jadi hemat tetapi manfaat," katanya.

Mengenai biaya pembuatan, Budi menjelaskan, alat sterilisasi udara berbasis sinar ultraviolet tipe 0,5 meter kubik per menit biaya produksinya Rp600 ribu sampai Rp700 ribu.

Jika dibandingkan dengan alat sterilisasi udara HEPA filter yang juga berfungsi sebagai penyaring debu, menurut Budi, alat sterilisasi udara berbasis UV harganya jauh lebih rendah dan perawatannya juga lebih mudah.

"Maintenance (perawatan) lebih ringan karena ini tidak ada kejenuhan filter, kalau filter HEPA setiap debu-debu nempel maka setiap saat dibersihkan dan pada titik tertentu ada kejenuhan," kata Budi.

Budi mengatakan alat sterilisasi berbasis UV buatannya bisa dibeli melalui Yayasan Wahana Bakti yang dia bentuk. Budi membuka lebar pintu kerja sama dengan pihak lain, termasuk industri, yang ingin memproduksi alat sterilisasi berbasis UV karyanya secara massal.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Newswire
Editor : Saeno
Sumber : Antara
Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro