Sel virus corona/istimewa
Health

Kasus Terus Bertambah, Berapa Lama Sebenarnya Waktu Penularan Virus Corona?

Desyinta Nuraini
Rabu, 22 Juli 2020 - 11:56
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Angka penularan virus corona terus meningkat. Jumlah kasus infeksi virus ini pada Rabu (22/7), menembus 15 juta orang di seluruh dunia.

Para ahli terus meneliti mengapa virus ini menyebar begitu cepat. Namun yang menjadi pertanyaan, berapa lama waktu penularan virus ini. 

Melansir Metro UK, Rabu (22/7/2020), mereka yang mulai menampilkan gejala Covid-19 dan hasil tesnya positif, diperkirakan menularkan selama setidaknya tujuh hari sejak timbulnya gejala. Namun ada dugaan bahwa mereka yang memiliki penyakit ini menularkan bahkan sekitar satu hingga tiga hari sebelum menjadi sakit.

Adapun lamanya infeksi, menurut penelitian yang dilakukan di Singapura pada bulan Mei, menunjukkan bahwa sebagian besar pasien Covid-19 berhenti menginfeksi setelah 11 hari tertular virus, bahkan jika mereka dites positif pada hari ke-12.

Penelitian mengatakan bahwa meskipun beberapa pasien dapat tes positif setelah dua tahun, tes mungkin mengambil partikel virus dalam sistem mereka yang tidak lagi dapat ditularkan ke orang lain. 

Sir Patrick Vallance juga mengkonfirmasi hal ini, dengan mengatakan waktu yang paling cepat menular adalah satu atau dua hari sebelum gejala dimulai dan dua atau tiga hari setelah gejala mulai, setelah itu berkurang dengan cepat pada kebanyakan orang. “Antara lima dan tujuh hari menjadi kurang menular," sebutnya.

Saat ini saran untuk mereka yang dites positif adalah mengisolasi diri selama tujuh hari sejak timbulnya gejala. Sementara mereka yang telah melakukan kontak dekat dengan orang yang telah dites positif harus isolasi mandiri selama 14 hari.

Tentu saja setiap kasus berbeda, jadi jika ingin memastikan bahwa Anda bebas virus dan tidak mungkin menginfeksi orang lain, maka lebih baik melakukan tes corona.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro