Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group

Kasus Terus Bertambah, Berapa Lama Sebenarnya Waktu Penularan Virus Corona?

Para ahli terus meneliti mengapa virus ini menyebar begitu cepat. Namun yang menjadi pertanyaan, berapa lama waktu penularan virus ini. 
Desyinta Nuraini
Desyinta Nuraini - Bisnis.com 22 Juli 2020  |  11:56 WIB
Sel virus corona - istimewa
Sel virus corona - istimewa

Bisnis.com, JAKARTA - Angka penularan virus corona terus meningkat. Jumlah kasus infeksi virus ini pada Rabu (22/7), menembus 15 juta orang di seluruh dunia.

Para ahli terus meneliti mengapa virus ini menyebar begitu cepat. Namun yang menjadi pertanyaan, berapa lama waktu penularan virus ini. 

Melansir Metro UK, Rabu (22/7/2020), mereka yang mulai menampilkan gejala Covid-19 dan hasil tesnya positif, diperkirakan menularkan selama setidaknya tujuh hari sejak timbulnya gejala. Namun ada dugaan bahwa mereka yang memiliki penyakit ini menularkan bahkan sekitar satu hingga tiga hari sebelum menjadi sakit.

Adapun lamanya infeksi, menurut penelitian yang dilakukan di Singapura pada bulan Mei, menunjukkan bahwa sebagian besar pasien Covid-19 berhenti menginfeksi setelah 11 hari tertular virus, bahkan jika mereka dites positif pada hari ke-12.

Penelitian mengatakan bahwa meskipun beberapa pasien dapat tes positif setelah dua tahun, tes mungkin mengambil partikel virus dalam sistem mereka yang tidak lagi dapat ditularkan ke orang lain. 

Sir Patrick Vallance juga mengkonfirmasi hal ini, dengan mengatakan waktu yang paling cepat menular adalah satu atau dua hari sebelum gejala dimulai dan dua atau tiga hari setelah gejala mulai, setelah itu berkurang dengan cepat pada kebanyakan orang. “Antara lima dan tujuh hari menjadi kurang menular," sebutnya.

Saat ini saran untuk mereka yang dites positif adalah mengisolasi diri selama tujuh hari sejak timbulnya gejala. Sementara mereka yang telah melakukan kontak dekat dengan orang yang telah dites positif harus isolasi mandiri selama 14 hari.

Tentu saja setiap kasus berbeda, jadi jika ingin memastikan bahwa Anda bebas virus dan tidak mungkin menginfeksi orang lain, maka lebih baik melakukan tes corona.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

vaksin Virus Corona
Editor : Mia Chitra Dinisari
Bisnis Indonesia bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak virus corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 200-5202-055).
Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik Di Sini untuk info lebih lengkapnya.
0 Komentar

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!
qrcode bisnis indonesia logo epaper

BisnisRegional

To top