Calon vaksin virus Corona (Covid-19)./Shutterstock
Health

Ini Perbedaan Vaksin Covid-19 Buatan LIPI dan Eijkman

Krizia Putri Kinanti
Selasa, 28 Juli 2020 - 13:24
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA -- Pengembangan vaksin covid-19 di Indonesia tengah dikembangkan oleh Lembaga Biologi Molekuler Eijkman dan Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI).

Lantas apa perbedaannya dari kedua vaksin yang dikembangkan dua lembaga tersebut?

Peneliti dari Pusat Penelitian Bioteknologi LIPI Wien Kusharyoto yang juga menjadi peneliti utama dari pengembangan vaksin menuturkan kemungkinan besar perbedaannya terletak pada segi konstruksi vaksinnya.

“Kalau dalam segi perbedaan, kami ada perbedaan dari segi konstruksinya. Karena kalau kita berbicara tentang suatu vaksin, kita sering kali melakukan proses modifikasi untuk meningkatkan efek atau respon imun. Di kegiatan vaksin LIPI, tim sudah membuat rancangan yang berbeda intinya untuk meningkatkan respon imun apabila kita diberi vaksin tersebut,” tuturnya dalam Webinar yang diselenggarakan oleh LIPI, Selasa (28/7/2020).

Wien menjelaskan bahwa pilihan antigen untuk vaksin LIPI dan Eijkman mungkin sama, tetapi bagaimana pihaknya memikirkan metode lain supaya vaksinnya nanti tidak disuntik. Vaksin tersebut tidak akan langsung melindungi jaringan mukosa seperti tenggorokan.

“Kami ingin mengembangkan vaksinasi menggunakan spray, tetapi perlu studi lebih lanjut apa yg harus kami tambahkan disamping antigennya sendiri. Karena respon imun dengan spray akan berbeda dibanding respon imun terhadap darah,”

Sebagai informasi, sampai saat ini vaksin yang dikembangkan oleh LIPI masih berada di tahap awal dan kemungkinan akan perlu waktu yang lebih lama lagi. Pengembangan vaksin masih di tahap laboratorium, dan diharapkan pada semester pertama 2021, kandidat vaksin sudah bisa diujikan pada hewan untuk melihat efektivitasnya.

Pengujian pada hewan itu akan dilakukan di Laboratorium Biosafety Level-3 (BSL-3) LIPI di Cibinong, Jawa Barat.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro