Petugas melakukan penyemprotan disinfektan di ruang publik di kawasan Sudirman, Jakarta, Kamis (19/3/2020). Bisnis/Eusebio Chrysnamurti
Health

Bisakah Pewangi dan Pelicin Pakaian Dijadikan Sebagai Disinfektan?

Dewi Andriani
Selasa, 4 Agustus 2020 - 13:41
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA -- Penularan virus corona Covid-19 tidak hanya menular melalui udara, tetapi juga dikabarkan dapat menular melalui benda mati seperti pakaian.

Seperti kasus ibu dan dua anak yang terjadi di Cileungsi, Kabupaten Bogor beberapa waktu lalu, ketika dinyatakan positif covid karena terpapar virus dari pakaian sang ayah.

Situasi tersebut kemudian menjadi perbincangan kembali di sosial media, ketika para youtubers  membahas cuplikan iklan pelicin pakaian untuk menyetrika yang diklaim mampu membunuh kuman dan virus yang menempel di baju.

Hal itu disebutkan karena pelicin pakaian tersebut mengandung Alkyl Dimethylbenzyl Ammonium Chloride, bahan aktif untuk disinfektan yang dapat membunuh kuman, bakteri dan virus.

Menanggapi hal tersebut, peneliti dari Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI) Chandra Risdian mengatakan bahwa Alkyl dimethlyl benzyl ammonium chloride termasuk quaternary ammonium yang bisa membunuh coronavirus pada konsentrasi minimal 0.05 persen.

“Kandungan kimia itu bisa membunuh virus corona melalui disinfeksi benda mati,” ujarnya, dalam keterangan pers, Selasa (4/8/2020).

Menurutnya, pelicin pakaian dengan kandungan bahan aktif Alkyl dimethlyl benzyl ammonium chloride sebanyak 0,1%, konsentrasi ini dinilai cukup untuk membunuh coronavirus.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Dewi Andriani
Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro