Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group

Strategi Sukses Belajar pada Masa Pandemi Covid-19

Christina Chong, Manajer Program Coaching Life Collage, menyampaikan beberapa tips agar tetap sukses dan semangat belajar pada masa pandemi Covid-19
Dewi Andriani
Dewi Andriani - Bisnis.com 04 Agustus 2020  |  00:15 WIB
Siswa Sekolah Dasar didampingi orang tua melakukan Pembelajaran Jarak Jauh (PJJ) dengan sistem daring pada hari pertama tahun ajaran baru 2020-2021 di Palembang, Sumatera Selatan, Senin (13/7/2020). Pemerintah Kota Palembang melalui Dinas Pendidikan menginstruksikan sekolah untuk melakukan sistem PJJ di awal tahun ajaran baru hingga September mendatang sebagai antisipasi penyebaran COVID-19 di lingkungan sekolah. ANTARA FOTO - Feny Selly
Siswa Sekolah Dasar didampingi orang tua melakukan Pembelajaran Jarak Jauh (PJJ) dengan sistem daring pada hari pertama tahun ajaran baru 2020-2021 di Palembang, Sumatera Selatan, Senin (13/7/2020). Pemerintah Kota Palembang melalui Dinas Pendidikan menginstruksikan sekolah untuk melakukan sistem PJJ di awal tahun ajaran baru hingga September mendatang sebagai antisipasi penyebaran COVID-19 di lingkungan sekolah. ANTARA FOTO - Feny Selly

Bisnis.com, JAKARTA – Memasuki semester dan tahun ajaran baru bagi pelajar berarti akan ada tugas-tugas baru, cara belajar baru, dan kelas baru. Kondisi kali ini cukup menantang karena pada masa pandemi Covid-19.

Meski demikian, jangan jadikan kondisi ini sebagai penghalang atau memupuskan semangat untuk belajar.

Christina Chong, Manajer Program Coaching Life Collage, menyampaikan beberapa tips agar tetap sukses dan semangat belajar di masa pandemi.

"Kembali ke dasar. Bahkan sebelum pandemi melanda, pentingnya merefleksikan rencana kita sangat besar. Mengidentifikasi apa yang harus dan tidak harus saya lakukan, kemudian bergerak maju dengan rencana tersebut,” ujarnya, seperti dikutip dari news.fiu.edu, Senin (3/8/2020).

Menurutnya, hal pertama yang harus dipahami adalah, menemukan tujuan apa yang ingin dicapai.

Tujuan tersebut harus dibuat secara spesifik. Misalnya, apakah tujuan Anda untuk lulus kelas Anda semester ini? Untuk makan yang lebih sehat? Untuk mempelajari lebih lanjut tentang jurusan yang Anda pilih?

Begitu mengetahui tujuan tersebut, maka langkah selanjutnya adalah menentukan apa yang harus dilakukan untuk mencapai tujuan tersebut dan bagaimana caranya agar langkah yang diambil benar-benar bisa digunakan untuk mencapai tujuan awal.

“Jika Anda mulai merasa kewalahan dengan semakin banyak tujuan dan tanggung jawab, cobalah untuk membuat langkah-langkah kecil yang akan membantu Anda mencapai setiap tujuan,” tuturnya.

Chong mencontohkan untuk sasaran jangka pendek, misalnya belajar lima hari sebelum ujian yang akan datang; makan lebih banyak buah selama dua minggu; menghadiri satu lokakarya karir virtual semester ini, dan lain sebagainya.

Untuk memastikan keberhasilan tersebut, maka harus menganalisis kemajuan diri sendiri dalam empat bidang utama: manajemen waktu, strategi belajar, sumber daya, dan perawatan diri.

Manajemen Waktu

Mulailah dengan bertanya pada diri sendiri apakah cara Anda membagi waktu Anda berhasil untuk Anda.

"Jika saya terus mengatakan pada diri sendiri bahwa saya harus bangun jam 7 pagi dan kemudian tidak melakukannya, saya akan merasa gagal," jelas Chong.

Manajemen waktu ini tentang menemukan alur Anda sendiri - ritme yang cocok untuk Anda. Mungkin Anda menyadari bahwa melakukan jauh lebih baik pada jam 8 pagi, berolahraga dan kemudian belajar setelah jam 11 pagi.

Mungkin Anda lebih baik belajar setelah jam 5 sore. Atau mungkin Anda mencoba belajar setelah makan siang tetapi setelahnya menyadari bahwa itu buka waktu yang pas karena Anda mengantuk.

Intinya, jangan takut untuk mencoba jadwal baru atau ide baru. Bersikaplah terbuka untuk mencari tahu pada jam berapa dan strategi apa yang paling cocok untuk Anda.

Strategi Belajar

Hampir mirip dengan manajemen waktu, Chong mengatakan banyak siswa sering merasa mereka harus menggunakan strategi belajar tertentu untuk berhasil.

Anda mungkin berpikir dapat lulus ujian hanya dengan mendengarkan ceramah dan membaca dan meninjau buku teks beberapa hari sebelum ujian.

Namun, itu mungkin tidak berhasil untuk Anda. Karena ternyata Anda mungkin perlu membuat catatan tentang istilah-istilah penting.

Anda mungkin perlu mulai meninjau materi buku teks seminggu sebelum ujian. Anda mungkin perlu menjadwalkan sesi dengan tutor dari Center for Academic Success (CfAS), dan lainnya.

Untuk itu, perlu untuk memahami strategi belajar yang cocok untuk diri sendiri sebab tak semua orang memiliki metode dan cara belajar yang sama.

Miliki Banyak Akal

Ini berarti Anda harus memahami dua hal, yaitu ketahui sumber daya, dan berkeinginan untuk bertindak banyak akal.

Analisis bagaimana Anda dapat mengatasi beberapa hambatan di jalan Anda. Jadilah kreatif.

Misalnya, jika Anda menyukai grup belajar, tetapi menjauhkan sosial atau menjauhkan Anda dari berkumpul secara fisik, maka pikirkan cara lain Anda dapat memiliki grup belajar - melalui Zoom, obrolan, panggilan telepon, bertukar video kiat belajar dengan teman sekelas atau mungkin Anda bahkan buat blog belajar Anda sendiri.

Lindungi Diri

Ini yang juga penting. Terkadang, dengan begitu banyak tanggung jawab dan tujuan yang sering kita tetapkan untuk diri kita sendiri, kita cenderung lupa untuk menjaga diri kita sendiri.

Jika merasa kewalahan dengan semua tugas Anda, coba pikirkan strategi sehat apa yang dapat membantu Anda mengatasi perasaan itu. J

Jika Anda tahu bahwa berolahraga membuat Anda merasa baik, maka berolahraga. Jika Anda tahu bahwa menonton acara TV atau mengobrol melalui Zoom dengan teman membantu mencerahkan hari Anda, maka lakukan itu.

Dan pastikan Anda sadar akan diri sendiri. Jika Anda tahu Anda tidak makan banyak saat stres, cobalah menjadikannya prioritas untuk makan. J

Jika Anda cenderung melepaskan semua tanggung jawab Anda, menonton TV dan kemudian menarik dua atau tiga malam di saat terakhir, cobalah untuk menjadwalkan diri Anda sehingga Anda tidak perlu memaksakan tubuh Anda nanti.

 

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

tips covid-19
Editor : Nancy Junita
Bisnis Indonesia bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak virus corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 200-5202-055).
Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik Di Sini untuk info lebih lengkapnya.

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

BisnisRegional

To top