Kanker usus besar./UGM
Health

Enam Cara Mencegah Kanker Usus Besar

Novita Sari Simamora
Sabtu, 29 Agustus 2020 - 19:11
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Kanker usus besar menjadi penyebab kematian aktor utama Black Panther, Chadwick Boseman.

Di Amerika Serikat, kanker kolorektal adalah salah satu kanker yang lebih umum di AS. Kanker kolorektal adalah jenis kanker yang tumbuh pada usus besar (kolon), atau pada bagian paling bawah dari usus besar yang terhubung ke anus (rektum).

Mengutip dari Cancer.org pada Sabtu (29/8/2020), sekitar 1 dari 23 pria dan 1 dari 25 wanita akan memiliki risiko penyakit pada usus besar atau kanker rektal di beberapa titik selama hidup mereka.

Namun, ada beberapa hal yang bisa dilakukan untuk menurunkan risiko kanker kolorektal yang tumbuh pada usus besar hingga anus.

1. Lakukan skrining untuk kanker kolorektal

Skrining bertujuan untuk mencari kanker sebelum tanda dan gejala berkembang. Pemeriksaan kolorektal seringkali dapat menemukan pertumbuhan pada usus besar atau rektum yang disebut polip yang dapat diangkat sebelum berubah menjadi kanker.

2. Perbanyaklah makan sayuran, buah-buahan, dan biji-bijian.

Pola makan yang banyak mengonsumsi sayuran, buah-buahan, dan biji-bijian telah dikaitkan dengan penurunan risiko kanker usus besar atau rektal.

Makan lebih sedikit daging merah (sapi, babi, atau domba) dan daging olahan (hot dog dan beberapa daging makan siang), yang dikaitkan dengan peningkatan risiko kanker kolorektal.

3. Berolahragalah secara teratur.

Jika Anda tidak aktif secara fisik, Anda mungkin memiliki peluang lebih besar terkena kanker usus besar atau rektal. Anda bisa meningkatkan aktivitas Anda dapat membantu mengurangi risiko Anda.

4. Pantau berat badan

Kelebihan berat badan atau obesitas meningkatkan risiko terkena dan meninggal akibat kanker usus besar atau rektal. Mengonsumsi makanan sehat dan meningkatkan aktivitas fisik bisa membantu mengontrol berat badan.

5. Jangan merokok

Perokok jangka panjang lebih mungkin memiliki risiko kanker kolorektal dibandingkan yang bukan perokok dan meninggal karena usus besar atau kanker rektal.

6. Batasi konsumsi alkohol

Konsumsi alkohol telah dikaitkan dengan risiko kanker kolorektal yang lebih tinggi. The American Cancer Society merekomendasikan untuk mengurangi konsumsi bir atau minuman beralkohol.

Lakukanlah perubahan gaya hidup sedini mungkin untuk menurunkan risiko berbagai jenis kanker, serta penyakit serius lainnya seperti penyakit jantung dan diabetes.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro