Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group

Survei : 99 Persen Penderita Covid-19 Alami Gejala Hingga 3 Bulan

99 persen responden survei tersebut, mengatakan mereka masih belum bebas gejala 79 hari setelah pertama kali menunjukkan tanda-tanda infeksi. Hasil cocok dengan penelitian Italia yang memeriksa gejala setelah 60 hari. 
Mia Chitra Dinisari
Mia Chitra Dinisari - Bisnis.com 11 September 2020  |  12:05 WIB
Ilustrasi batuk - istimewa
Ilustrasi batuk - istimewa

Bisnis.com, JAKARTA - Sebuah survey yang dilakukan di Belanda mengungkapkan jika pasien covid-19 mengalami gejala hingga tiga bulan bahkan setelah dinyatakan sembuh.

99 persen responden survei tersebut, mengatakan mereka masih belum bebas gejala 79 hari setelah pertama kali menunjukkan tanda-tanda infeksi. Hasil cocok dengan penelitian Italia yang memeriksa gejala setelah 60 hari. 

Hanya 0,7 persen responden mengatakan mereka benar-benar bebas gejala 79 hari setelah pertama kali menunjukkan tanda-tanda infeksi, menurut penelitian yang diterbitkan pada hari Kamis di jurnal Riset Terbuka Masyarakat Pernafasan Eropa.

Survei tersebut adalah yang pertama menunjukkan usai pemulihan, menurut para peneliti. Survei ini melibatkan lebih dari 2.100 orang yang sebagian besar tidak dirawat di rumah sakit yang dikonfirmasi atau diduga menderita Covid-19 di Belanda dan Flanders, bagian utara Belgia yang berbahasa Belanda.

Responden melaporkan median tujuh gejala ketika mereka disurvei rata-rata 79 hari setelah mereka pertama kali mengalami tanda-tanda Covid-19, dengan kelelahan dan kesulitan bernapas yang paling umum.

Sekitar 44 persen masih mengalami sesak dada, 38 persen mengalami sakit kepala, 36 persen mengalami nyeri otot dan 33 persen mengalami nyeri di antara tulang belikat.

Berbeda dengan kelompok rawat inap yang disurvei, "pasien dengan Covid-19 'ringan' mendapat sedikit panduan dan sering diabaikan begitu saja," kata para peneliti.

“Saat kami berbicara dengan pasien, kami menemukan bahwa mereka juga mengeluhkan hal-hal yang mungkin tidak terkait langsung dengan sistem pernapasan,” kata Martijn Spruit, seorang penulis makalah dan profesor di bidang rehabilitasi kegagalan organ kronis di Maastricht.

Masih harus ditentukan berapa lama gejala bisa bertahan, kata Yvonne Goertz, salah satu penulis utama makalah dan peneliti di pusat perawatan penyakit paru-paru kronis Ciro.

Kelompok tersebut melakukan survei mereka pada bulan Juni.  Usia rata-rata responden adalah 47, sementara 85 persen adalah perempuan dan sebagian besar dilaporkan dalam keadaan sehat sebelum gejala mereka, kata surat kabar itu.

Di antara responden, 5 persen telah dirawat di rumah sakit dengan Covid-19 yang dikonfirmasi.  Sisanya, 17 persen dinyatakan positif mengidap virus tersebut, 44 persen didiagnosis berdasarkan gejala, dan 39 persen tidak memiliki diagnosis berdasarkan gejala oleh dokter.

Hasilnya sejalan dengan penelitian sebelumnya pada 143 pasien Covid-19 yang dipulangkan dari sebuah rumah sakit di Italia.  Hanya 13 persen dari pasien itu yang benar-benar bebas dari gejala terkait rata-rata 60 hari setelah timbulnya gejala pertama, menurut sebuah makalah yang diterbitkan pada bulan Juli.

Separuh dari mereka masih memiliki tiga gejala atau lebih dan 44 persen melaporkan kualitas hidup yang lebih buruk.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

Virus Corona Gejala Penyakit
Editor : Mia Chitra Dinisari
Bisnis Indonesia bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak virus corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 200-5202-055).
Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik Di Sini untuk info lebih lengkapnya.

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

BisnisRegional

To top