Peserta Gowes Karimunjawa/Istimewa
Health

Tips Gowes Sehat di Masa Pandemi, Agar Tak Tertular Covid-19

Mia Chitra Dinisari
Minggu, 13 September 2020 - 19:24
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Seperti yang kita tahu, belakangan bersepeda menjadi olahraga yang sangat digemari masyarakat.

Seiring dengan banyaknya pengguna, aktivitas bersepeda menjadi sangat rawan akan penyebaran COVID-19. Terlebih dengan semakin banyaknya komunitas-komunitas yang terbentuk untuk gowes bareng serta berbagai event bersepeda yang berpotensi terjadi kerumunan.

Potensi ini semakin besar manakala masyarakat tidak patuh menjalankan protokol kesehatan seperti memakai masker, jaga jarak dan mencuci tangan pakai sabun.

Menurut Dokter Spesialis Kedokteran Olahraga Andhika Respati, kegiatan bersepeda di masa pandemi harus menyesuaikan protokol kesehatan yang berlaku. Demikian dikutip dari laman resmi Kemenkes.

Penggunaan masker saat berolahraga misalnya, ia menegaskan bahwa hal tersebut tidak akan menganggu kegiatan olahraga itu sendiri.

Justru penggunaan masker saat olahraga sangat dianjurkan manakala kegiatan olahraga dilakukan ditempat yang ramai, sebaliknya jika olahraga ditempat sepi dan hanya seorang diri maka tidak perlu memakai masker.

Hal ini dibenarkan oleh Kasubdit Kesehatan Olahraga R. Giri Wurjandaru, , bahwa memakai masker saat olahraga justru sangat dianjurkan.

Hal ini untuk menghindari percikan droplet yang keluar saat olahraga berlangsung. Namun, yang perlu diperhatikan adalah atur pernafasan dan ubah intensitasnya menjadi ringan-sedang. Ia menyarankan, untuk olahraga dengan intensitas berat sebaiknya dilaksanakan di rumah saja.

“Kita menganjurkan olahraga pakai masker dengan intensitas ringan sampai sedang dan memperhatikan jaga jarak. Untuk menghindari droplet, kalau bersepeda ya kita harus jaga jarak sejauh 20 meter,” kata Giri.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro