Ilustrasi-Petugas medis memindahkan pasien ke ruang isolasi dalam simulasi penanganan pasien Covid-19 di Rumah Sakit Lavalette, Malang, Jawa Timur, Jumat (13/3/2020)./Antara-Ari Bowo Sucipto
Health

CDC Kembali Rekomendasikan Orang Tak Bergejala Ikut Tes Covid-19

Mia Chitra Dinisari
Minggu, 20 September 2020 - 10:32
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit CDC kembali meralat imbauannya dengan merekomendasikan agar orang-orang menjalani tes jika mereka bersentuhan dengan seseorang yang memiliki virus corona. Bahkan jika mereka tidak menunjukkan gejala.

"Karena pentingnya penularan tanpa gejala dan pra-gejala, pedoman ini lebih jauh memperkuat kebutuhan untuk menguji orang tanpa gejala, termasuk kontak dekat orang dengan infeksi SARS-CoV-2 yang terdokumentasi," kata pedoman CDC yang diperbarui seperti dikutip dari Foxnews.

Kontak dekat berarti "dalam jarak 6 kaki dari seseorang dengan infeksi SARS-CoV-2 yang terdokumentasi selama setidaknya 15 menit.

CDC juga merekomendasikan bahwa meskipun Anda memiliki hasil tes negatif, Anda tetap harus mengisolasi diri selama dua minggu karena "satu tes negatif tidak berarti Anda akan tetap negatif pada suatu saat setelah tes itu."

Ini adalah kedua kalinya CDC membalikkan arah kebijakan pengujian mereka.

Pada 26 Agustus, agensi tersebut memicu kontroversi ketika mengubah panduannya untuk mengatakan bahwa individu tanpa gejala tidak perlu dites, bahkan jika mereka melakukan kontak dekat dengan seseorang yang mengidap virus corona.

Pembalikan pada hari Jumat menggerakkan CDC kembali sejalan dengan panduan aslinya.

CDC mengatakan mereka mendasarkan panduan dan rekomendasinya pada "apa yang saat ini diketahui tentang COVID-19 dan dapat berubah saat informasi tambahan tersedia."

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro