Batuk/fastpaceurgantcare.com
Health

Kenapa Orang Bisa Terinfeksi Covid-19 Tanpa Gejala?

Mia Chitra Dinisari
Kamis, 24 September 2020 - 08:01
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Banyak kasus covid-19 di dunia yang terjadi tanpa gejala. Mengapa demikian? 

Sebuah studi baru yang diterbitkan dalam jurnal akses terbuka PLOS Medicine oleh Diana Buitrago-Garcia di University of Bern, Swiss dan rekannya menunjukkan bahwa kasus covid-19 tanpa gejala yang sebenarnya mengalami infeksi yang sedikit dibandingkan mereka yang mengalami gejala. 

Spektrum lengkap dan distribusi tingkat keparahan gejala Covid-19 tidak dipahami dengan baik. Beberapa orang yang terinfeksi mungkin mengalami infeksi parah yang menyebabkan pneumonia virus, sindrom gangguan pernapasan, dan kematian, sementara yang lain tetap asimtomatik atau mengembangkan gejala ringan dan tidak spesifik.

Untuk lebih memahami proporsi orang yang terinfeksi Covid-19 dan tidak pernah mengembangkan gejala apa pun, serta proporsi orang yang tidak menunjukkan gejala pada saat diagnosis tetapi kemudian mengalami gejala, para peneliti secara sistematis meninjau literatur menggunakan database Bukti Covid-19 antara Maret dan Juni 2020.

Para penulis kemudian menganalisis 79 studi yang melaporkan data empiris pada 6.616 orang, 1.287 di antaranya didefinisikan sebagai asimtomatik, untuk menentukan proporsi orang yang terinfeksi yang tidak pernah mengalami gejala. Sementara penelitian dibatasi oleh ketidakmampuannya untuk memastikan dampak negatif palsu, para peneliti dapat memperkirakan bahwa 20% (95% CI 17-25) dari infeksi COVID-19 tetap tanpa gejala selama masa tindak lanjut.

Perkiraan akurat tentang infeksi tanpa gejala dan gejala yang sebenarnya sangat penting untuk memahami penularan Covid-19 di tingkat populasi dan agar populasi dapat mengadopsi strategi kesehatan masyarakat yang disesuaikan dengan tepat. Penelitian selanjutnya harus mencakup studi longitudinal prospektif yang mendokumentasikan status gejala.

Akurasi tes serologis yang lebih baik juga diperlukan untuk mengurangi jumlah negatif palsu. Karena setiap orang yang terinfeksi Covid-19 pada awalnya tidak menunjukkan gejala, proporsi yang akan terus mengembangkan gejala diperkirakan sekitar 80%, menunjukkan bahwa penularan tanpa gejala dapat secara signifikan berkontribusi pada epidemi Covid-19 secara keseluruhan.

Menurut penulis, penemuan tinjauan sistematis terhadap publikasi pada awal pandemi menunjukkan bahwa sebagian besar infeksi Covid-19 tidak asimtomatik selama infeksi. Kontribusi infeksi yang tidak bergejala dan tanpa gejala pada Covid-19 secara keseluruhan adalah sama dari sisi penularan.

Berarti bahwa tindakan pencegahan kombinasi, dengan peningkatan kebersihan tangan dan pernapasan, pengujian dan penelusuran, serta strategi isolasi dan jarak sosial, akan terus diperlukan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro