Protokol Kesehatan di Lingkungan Lapan / Pussain Lapan
Fashion

Tak Perlu Baju Astronot, Cukup Lakukan 3M

Lukas Hendra TM
Jumat, 9 Oktober 2020 - 13:32
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA – Jika dilihat-lihat baju alat pelindung diri (APD), sekilas bentuknya tampak seperti baju astronot meski tanpa helm. Lalu, bagaimana protokol kesehatan di lingkungan Lembaga Penerbangan dan Antariksa Nasional (Lapan) ya? Pakai baju astronot, wajib pakai APD atau lakukan 3M (mencuci tangan, memakai masker, menjaga jarak)?

Protokol kesehatan di lingkungan Lapan, khususnya di Pusat Sains Antariksa Lapan dibagi menjadi 4 tahapan. Pertama, tahapan sebelum berangkat ke kantor. Pada tahap ini, baik karyawan maupun tamu yang akan ke Pussain Lapan harus memastikan kondisi sehat. Jika batuk, pilek dan demam, disarankan untuk tetap tinggal di rumah.

Karyawan maupun tamu diharapkan untuk membawa hand sanitizer atau tisu berantiseptik. Selain itu, juga selalu menggunakan masker, memastikan mulut dan hidung tertutup. Masyarakat juga diharapkan untuk menggunakan baju atau jaket berlengan panjang. Membawa alat makan sendiri, dan jika memungkinkan membawa bekal makan siang sendiri.

Kedua, perjalanan dari dan ke kantor. Pada tahap ini, karyawan maupun pengunjung diminta untuk menghindari menyentuh mata, hidung, dan mulut. Jika terpaksa, harap untuk menggunakan tisu basah.

Selama perjalanan, karyawan dan tamu juga diharapkan selalu menggunakan masker dan jangan menyentuh masker saat digunakan. Mereka juga diharapkan untuk menerapkan etika batuk dan bersin yang benar. 

Untuk melakukan pembayaran perjalan, juga diharapkan untuk menghindari penggunaan uang tunai. Tetap jaga jarak dengan orang lain dimanapun Anda berada. 

Ketiga, saat berada di kantor. Pada tahap ini, karyawan melakukan penerapan assessment form. Jika tidak memenuhi skor yang ditentukan, pegawai dilarang memasuki area perkantoran Lapan.

Pegawai dan tamu harus mencuci tangan dengan sabun, selalu menggunakan masker, dan akan dilakukan pengecekan suhu tubuh. Jika sama atau lebih dari 37,3 derajat celcius dipersilakan untuk kembali ke rumah.

Pegawai dan tamu Lapan diharapkan untuk mematuhi aturan jaga jarak. Semua pegawai baik yang bekerja dari kantor maupun dari rumah wajib mengisi logbook melalui simpeg untuk PNS dan logbook manual untuk non-PNS.

Adapun, untuk rapat dengan banyak peserta, diskusi ilmiah atau seminar agar dilakukan secara virtual.

Keempat, saat tiba di rumah. Pegawai maupun tamu ketika sampai di rumah agar segera cuci tangan. Jangan bersentuhan dengan keluarga sebelum membersihkan diri (mandi dan mengganti pakaian).

Cuci pakaian dan masker kain yang telah digunakan. Jika menggunakan masker sekali pakai harap dirobek dan diberi disinfektan sebelum membuangnya. Mandi setiap kalo anda sampai di rumah, jam berapapun Anda tiba.

“Intinya selalu pakai masker ketika keluar rumah, rajin cuci tangan dengan sabun, menjaga jarak fisik dan hindari berkerumum dengan jumlah orang banyak,” tulis Pussain Lapan dalam laman resminya.

#satgascovid19 #ingatpesanibu #pakaimasker #jagajarak #jagajarakhindarikerumunan #cucitangan #cucitangandengansabun

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Lukas Hendra TM
Editor : Lukas Hendra TM
Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro