Sel virus corona
Health

Total Kasus Positif Covid-19 Global Tembus 40 Juta

Mia Chitra Dinisari
Selasa, 20 Oktober 2020 - 07:58
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA -  Jumlah kasus COVID-19 yang dikonfirmasi di seluruh dunia telah melampaui 40 juta, tetapi para ahli mengatakan itu hanya puncak gunung es, artinya jumlahnya lebih banyak dari yang sudah terdata.

Data itu berdasarkan laporan dari Universitas Johns Hopkins, yang mengumpulkan laporan dari seluruh dunia.

Penghitungan aktual kasus COVID-19 di seluruh dunia kemungkinan besar akan jauh lebih tinggi, karena pengujiannya bervariasi, banyak orang tidak memiliki gejala dan beberapa pemerintah menyembunyikan jumlah kasus sebenarnya. Hingga saat ini, lebih dari 1,1 juta kematian akibat virus yang dikonfirmasi telah dilaporkan, meskipun para ahli juga percaya bahwa jumlah itu jauh di bawah angka sebenarnya.

AS, India, dan Brasil melaporkan sejauh ini jumlah kasus tertinggi - masing-masing 8,1 juta, 7,5 juta, dan 5,2 juta - meskipun peningkatan global dalam beberapa pekan terakhir didorong oleh lonjakan di Eropa, yang telah mencatat lebih dari 240.000 kematian virus yang dikonfirmasi dalam pandemi sejauh ini.

Pekan lalu, Organisasi Kesehatan Dunia mengatakan Eropa telah melaporkan rekor tertinggi mingguan hampir 700.000 kasus dan mengatakan kawasan itu bertanggung jawab atas sekitar sepertiga kasus secara global. Inggris, Prancis, Rusia, dan Spanyol menyumbang sekitar setengah dari semua kasus baru di wilayah tersebut, dan negara-negara seperti Belgia dan Republik Ceko menghadapi wabah yang lebih intens sekarang daripada yang mereka lakukan di musim semi.

WHO mengatakan langkah-langkah baru yang diambil di seluruh Eropa "sangat penting" dalam menghentikan COVID-19 membanjiri rumah sakitnya. Itu termasuk persyaratan baru tentang mengenakan masker di Italia dan Swiss, menutup sekolah di Irlandia Utara dan Republik Ceko, menutup restoran dan bar di Belgia, menerapkan jam malam di Prancis dan menargetkan penguncian terbatas di beberapa bagian Inggris Raya.

Badan tersebut mengatakan beberapa kota Eropa dapat segera melihat unit perawatan intensif mereka kewalahan dan memperingatkan bahwa pemerintah dan warga harus mengambil semua tindakan yang diperlukan untuk memperlambat penyebaran virus, termasuk memperkuat pengujian dan pelacakan kontak, mengenakan masker wajah, dan mengikuti langkah-langkah jarak sosial.

WHO sebelumnya memperkirakan sekitar 1 dari 10 populasi dunia - sekitar 780 juta orang - telah terinfeksi COVID-19, lebih dari 20 kali jumlah kasus resmi. Itu menunjukkan bahwa sebagian besar populasi dunia masih rentan terhadap virus tersebut.

Beberapa peneliti berpendapat bahwa membiarkan COVID-19 menyebar di populasi yang tidak jelas rentan akan membantu membangun kekebalan dan merupakan cara yang lebih realistis untuk menghentikan pandemi daripada penguncian terbatas yang terbukti menghancurkan secara ekonomi.

Tetapi Direktur Jenderal WHO Tedros Adhanom Ghebreyesus telah memperingatkan bahwa herd immunity mungkin merupakan strategi yang layak untuk dikejar, pascavaksinasi, bukan dengan sengaja membuat orang terkena penyakit yang berpotensi fatal.

“Membiarkan virus berbahaya yang tidak sepenuhnya kami pahami untuk bebas tidak etis,” kata Tedros pekan lalu.

Badan kesehatan PBB mengatakan mereka berharap mungkin ada cukup data untuk menentukan apakah ada vaksin COVID-19 yang sekarang sedang diuji efektif pada akhir tahun. Tetapi mereka memperingatkan bahwa vaksin generasi pertama tidak mungkin memberikan perlindungan lengkap dan bahwa dibutuhkan setidaknya dua tahun untuk mengendalikan pandemi.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro