Ilustrasi/Lennoncenter
Health

7 Cara Atasi Kecemasan Selama Pandemi Covid-19

Desyinta Nuraini
Senin, 2 November 2020 - 10:59
Bagikan

Bisnis, JAKARTA - Kesehatan mental menjadi pertaruhan di tengah pandemi virus corona. Semua aspek kehidupan yang berubah menjadi pemicu gangguannya.

Kecemasan berlebihan menjadi yang paling umum dialami masyarakat Indonesia saat ini. Entah itu karena khawatir takut tertular Covid-19 atau cemas dengan kehidupan yang serba dibatasi, termasuk berkegiatan di luar rumah.

Psikolog Klinis Lusiana Bintang Siregar mengatakan kecemasan ini apabila tidak ditangani dan berlangsung lama bisa menimbulkan stres berat dan depresi. Dari beberapa kasus yang ditanganinya, ada yang merasa kehilangan harapan.

Komunikasi antara orang tua dan anak pun berkurang. Hal ini karena pada adaptasi kebiasaan baru yang dituntut serba online, orang tua dan anak sibuk dengan tugasnya masing-masing. Sementara itu para remaja bingung mengenai tujuan hidup dan cemas untuk jurusan dan kuliahnya di masa depan.

Lusiana menambahkan ada dua hal yang menjadi potensi masalah besar kesehatan mental saat pandemi Covid-19. Antara lain cyber bullying khususnya untuk anak dan remaja, kemudian munculnya trauma pada mantan pasien Covid-19.

"Untuk pasien yamg pernah Covid kalau dirasa masih sedih, marah atau terbayang-bayang kondisi covid dan takut menularkan, segera hubungi profesional, supaya tidak berkelanjutan," ujarnya kepada Bisnis, baru-baru ini.

Dalam beberapa kondisi gangguan mental ini, kata Lusiana memang mengelola kecemasan, depresi, stres, dan kehilangan harapan menjadi penting.

Lantas apa yang harus dilakukan? Lusiana menyebut pertama-tama yakni membatasi informasi yang masuk, karena kecemasan berlebih banyak dikarenakan pikiran-pikiran dan arus informasi yang deras namun tidak tepat.

Kedua adalah penerimaan diri. Menurutnya jikalau mengalami sesuatu keadaan krisis, kejengkelan, kemarahan atau stres, terima kondisi itu. "Tidak usah menyalahkan diri sendiri," imbuhnya.

Ketiga, jangan terlalu lama merenung atau bermuram diri. Segeralah menemukan titik mengapa timbul kecemasan dan memahami makna dibalik setiap peristiwanya. Hal ini bisa dilakukan dengan refleksi diri, sharing dengan orang terdekat, bisa dengan menulis apa yang dipikirkan lalu memetakannya, bahkan dengan meditasi.

Keempat, lakukanlah kegiatan yang disenangi di rumah atau di sekitarnya. Kelima, tetaplah terhubung dan berkomunikasi. Ini sangat penting, sehingga tidak mudah untuk menarik diri dan merasa gagal.

Keenam, lakukan gerakan-gerakan fisik. Hal ini membantu menyeimbangkan kondisi fisik. "Jika kondisi fisik baik, akan lebih mudah menjaga kesehatan mental," tambahnya.

Ketujuh jangan ragu meminta bantuan profesional, terutama untuk mengembangkan harapan-harapan. Kedelapan menjaga harapan dengan ibadah dan kepercayaan masing-masing.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro