Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group

6 Cara Atasi Rekan Kerja yang Kejam Dengan Bijaksana

Bila Anda bertemu dengan orang-orang yang kejam di dunia kerja, sebaiknya Anda berlaku tegas dan sopan dalam berbicara.
Desyinta Nuraini
Desyinta Nuraini - Bisnis.com 24 November 2020  |  13:45 WIB
Ilustrasi - Wisegeek
Ilustrasi - Wisegeek

Bisnis.com, JAKARTA - Lingkungan kerja memang penuh dengan warna. Seringkali Anda akan menemukan diri berada di antara rekan kerja yang terlihat cemburu, kejam, atau bahkan agresif.

Begitu mereka secara langsung mulai memengaruhi produktivitas kerja Anda di kantor atau selama bekerja dari rumah, saat itulah Anda harus menghadapinya dengan cara yang bijaksana.

Melansir Times of India, Selasa (24/11/2020), berikut beberapa cara untuk mengatasi rekan kerja yang jahat:

1. Bersikaplah tegas

Kapan pun Anda menghadapi situasi di mana kolega Anda bersikap agresif atau jahat, bersikaplah tenang dan jangan membalas dengan sikap bermusuhan. Itu bisa jadi hal terburuk untuk dilakukan.

Tenangkan diri Anda dan bicaralah dengan sopan. Tegas dengan kata-kata Anda dan beri tahu mereka dengan sopan untuk berbicara dengan Anda dengan hormat, alih-alih memperburuk masalah.

2. Introspeksi diri sendiri

Coba analisis perilaku Anda sendiri sebelum melabeli rekan kerja Anda sebagai tidak menyenangkan. Pikirkan apakah tindakan atau komentar Anda telah membuat situasi menjadi lebih buruk dari yang sebenarnya.

Pertimbangkan lingkungan kerja Anda, jika Anda ingin mengutarakan pendapat dengan percaya diri, lakukanlah, tetapi dengan cara yang ramah dan profesional. Beri orang lain kesempatan untuk berbicara dan bersikap ramah setelah setiap percakapan.

3. Tukar basa-basi

Sesekali, bawalah rekan kerja Anda ngopi atau ajak mereka makan siang sesekali. Ini bisa menjadi cara yang bagus untuk memberitahu mereka bahwa Anda mencoba bersikap ramah dan tidak kompetitif. Ini memberikan suasana yang nyaman dan menyenangkan. Ditambah lagi, mereka perlahan akan berhenti menganggapmu sebagai musuh.

4. Jaga hubungan profesional

Jika usaha Anda sia-sia, cobalah menjaga hubungan profesional yang sangat tajam dan jelas saja. Jangan mencoba bersikap ramah atau memaksimalkan upaya Anda dengan harapan bisa berbicara bebas dengan mereka suatu hari nanti. Ini perlahan bisa berubah menjadi racun bagi Anda.

Jadi yang terbaik adalah menyimpan alasan profesional saja. Bicaralah dengan mereka hanya jika diperlukan dan jangan terlibat dalam aktivitas di luar pekerjaan.

5. Jangan bergosip

Jauhi rumor atau gosip yang tidak berarti tentang orang lain. Ini mungkin terlihat menyenangkan tetapi merupakan salah satu aspek paling berbahaya dari lingkungan kerja yang beracun.

Jadi, kecuali jika Anda juga ingin jatuh ke dalam 'klik jahat' di ruang kantor, jauhi orang-orang yang suka bergosip. Juga, tolak dengan tegas ketika seseorang bersikeras untuk berbagi atau menanyakan sesuatu tentang orang lain.

6. Minta saran dari atasan

Jika tidak ada yang berhasil, dan kolega Anda masih berusaha mempersulit hidup Anda selama jam kerja, maka Anda harus mendekati manajer atau atasan Anda. Cara terbaik yang mungkin dilakukan adalah melaporkan ke bagian SDM dan mendiskusikan apa yang mengganggu Anda.

Meminta bimbingan tidak akan membuat Anda terlihat lemah, tetapi akan membimbing Anda untuk melakukan hal yang benar dan juga akan membuat pengalaman Anda damai.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

pekerja Tips Kerja
Editor : Novita Sari Simamora
Bisnis Indonesia bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak virus corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 200-5202-055).
Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik Di Sini untuk info lebih lengkapnya.

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

BisnisRegional

To top