Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Generasi Milenial Makin Sadar Beli Rumah Sejak Dini

President Director ERA Indonesia Darmadi Darmawangsa menjelaskan keinginan milenial untuk memiliki hunian dan berinvestasi di bidang properti merupakan keputusan yang tepat untuk dilakukan saat ini.
Mia Chitra Dinisari
Mia Chitra Dinisari - Bisnis.com 25 November 2020  |  19:33 WIB
Real Estate - huffingtonpost
Real Estate - huffingtonpost

Bisnis.com, JAKARTA - Generasi milineal saat ini dinilai sudah semakin sadar untuk memiliki hunian di usia muda.

President Director ERA Indonesia Darmadi Darmawangsa menjelaskan keinginan milenial untuk memiliki hunian dan berinvestasi di bidang properti merupakan keputusan yang tepat untuk dilakukan saat ini.

Menurutnya, tren properti 2020 menunjukkan bahwa masyarakat milenial yang berusia muda pada umumnya menginginkan hunian yang praktis dengan harga yang terjangkau seperti Kota Podomoro Tenjo.

"Kaum milenial pada umumnya adalah first home buyer yang ingin memiliki rumah yang kecil. Biasanya milenial juga tidak lagi menyasar properti di pusat kota, tetapi di pinggiran kota asalkan lokasinya dekat dengan sarana transportasi dan mendukung gaya hidup," jelasnya dalam keterangan tertulisnya.

Darmadi bilang, membeli hunian bukan sekadar untuk memenuhi kebutuhan akan tempat tinggal, namun juga sebagai pilihan investasi. Pembelian properti saat ini, lanjutnya, juga didukung oleh bunga KPR yang tidak begitu tinggi yakni 7-9% per tahun. Besaran bunga KPR ini jauh lebih rendah dibandingkan dengan tahun lalu yakni 11% dan lima tahun sebelumnya yakni 13% per tahun.

“Krisis seringkali melahirkan kesempatan untuk meraih hasil investasi yang lebih besar dibandingkan saat normal. Dan pandemi ini bisa jadi momentum yang pas buat milenial untuk investasi di Podomoro Tenjo yang murah banget harganya. Apalagi ini kualitas Agung Podomoro," ujarnya.

Felicia Putri Tjiasaka seorang investor milenial mengaku bahwa properti adalah salah satu pilihan investasi untuk jangka panjang. Selain harganya cenderung akan terus naik, memiliki properti sesungguhnya juga telah memenuhi separuh kebutuhan sebuah keluarga.

"Mayoritas milenial pasti punya keinginan untuk memiliki keluarga. Dengan memiliki rumah, berarti separuh risiko berumah tangga seperti sudah terkelola dengan baik," katanya.

Felicia juga mengingatkan kaum milenial untuk tetap waspada dalam berinvestasi. Jangan hanya fokus pada hasil, tapi abai terhadap produk dan risiko investasinya. Karena itu, bagi para milenial yang mayoritas pemula, membeli properti di pinggiran dengan harga yang sangat terjangkau seperti adalah pilihan logis saat ini.

Sementara itu, Agung Podomoro Group (APG) memberikan solusi terhadap kebutuhan kaum milenial untuk berinvestasi dan memiliki aset properti dengan harga terjangkau. Saat ini APG sedang mengembangkan kota mandiri dan satelit baru, Kota Podomoro Tenjo yang menyediakan hunian dengan harga mulai Rp200 jutaan.

Assistant Vice President Kota Podomoro Zaldy Wihardja mengatakan, pembangunan kota Podomoro Tenjo juga mempertimbangkan pasar kaum milenial yang sangat besar di Indonesia, khususnya DKI Jakarta, Banten dan Jawa Barat. Dengan harga yang sangat kompromis dengan kantong milenial, Zaldy berharap hunian di kota mandiri dan satelit baru ini dapat memenuhi kebutuhan kaum muda ini.

"Kami merasa dengan harga yang ditawarkan dan lokasi yang didukung infrastruktur matang, Kota Podomoro Tenjo adalah jawaban buat rekan-rekan milenial yang ingin punya rumah dan investasi di properti. Kami yakin lokasi ini akan memiliki value yang terus naik dalam waktu yang cepat," kata Zaldy dalam diskusi webinar dengan tema “Kota Podomoro Tenjo Pas Buat Kantong Milenial” di Jakarta (25/11) dikutip dari keterangan tertulisnya.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

hunian generasi milenial
Editor : Mia Chitra Dinisari
Bisnis Indonesia bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak virus corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 200-5202-055).
Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik Di Sini untuk info lebih lengkapnya.

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

BisnisRegional

To top