Masker kain Aruna
Health

Ini Cara Melepas Masker yang Aman dari Virus Corona

Novita Sari Simamora
Sabtu, 28 November 2020 - 17:47
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Usai mengenakan masker kain, maka segeralah melepaskannya dan letakkan di wadah yang tertutup atau masukkan ke dalam kantong plastik yang  telah selalu Anda bawa.

Mengutip dari Science Amerika, ada temuan  bahwa masker yang telah dikenakan sangat mungkin didapati adanya  virus corona dengan tingkat yang sangat tidak terdeteksi pada kain setelah dua hari. 

Maka solusi yang paling tepat usai mengenakan masker kain adalah membasuh masker hingga  basah dan mencuci menggunakan sabun. Mencuci dengan sabun, bisa membunuh virus-virus dan bakteri yang ada di masker.

Adapun waktu yang efektif untuk menggunakan masker yakni selama 4 jam. Bila Anda sedang beraktivitas di luar rumah, maka setiap 4 jam segeralah ganti masker Anda dengan masker cadangan yang  Anda bawa.

Kenapa perlu mengganti masker setiap 4 jam? Ahli kesehatan Rekha Tailor mengatakan masker menutupi kulit dan menciptakan lingkungan yang hangat dan lembab dan mengurangi aliran oksigen ke kulit serta menghasilkan penumpukan kulit dan jerawat.

Selain itu, faktor air liur dan sekresi hidung ditahan di dalam masker untuk waktu yang lama dan dalam kontak dekat dengan kulit juga dapat meningkatkan bakteri yang terpapar kulit. "Akhirnya menyebabkan berjerawat, komedo hitam, dan bruntusan," ungkapnya.

Kini, para ahli juga menyarankan untuk mencuci masker dengan air panas 40 derajat, atau 60 jika perlu. Lalu gunakan deterjen dan jangan gunakan pelembut kain karena dapat merusak bentuk masker. Setelah itu, biarkan masker kering secara alami, tanpa menggunakan pengering mesin.

"Bisa juga merendam masker dalam air sabun, panas, tetapi jangan sampai mendidih selama 10 menit. Lalu bilas dengan baik dan keringkan di luar. Selalu keringkan secara terpisah di lingkungan yang bersih," tuturnya.

#satgascovid19 #ingatpesanibu #pakaimasker #jagajarak #jagajarakhindarikerumunan #cucitangan #cucitangandengansabun

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro