Anak belajar di rumah./ilustrasi
Health

Ini Cara Meningkatkan Kemampuan Pelajar

Krizia Putri Kinanti
Selasa, 29 Desember 2020 - 15:15
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA -- Pandemi virus corona telah meningkatkan jumlah  depresi dan kecemasan, sehingga bisa mengganggu kesehatan mental pelajar dan kemampuan akademis.

Para pelajar bisa saja gugup, reaktif secara emosional, dan memiliki ingatan yang terguncang pada 2020. Mereka juga hidup dalam ketidaknyamanan pada 2020.

Mengutip dari Psychology Today, Selasa (29/12/2020), ada tiga hal yang bisa dilakukan  untuk menjaga kesehatan mental pelajar:

1. Selalu Terhubung

Bicaralah dengan anak-anak atau siswa Anda tentang pengalaman hidup selama tahun 2020 dan cara melewati kesulitan. Ada banyak tantangan yang dihadapi oleh pelajar selama pandemi seperi pembelajaran online, gagal kelas, tidak bertemu teman, memulihkan diri dari Covid dan mengkhawatirkan kesehatan orang lain.

2. Permainan

Sediakan permainan untuk anak-anak guna mengekspresikan emosi mereka baik itu menggambar dengan pensil, kertas kuno dan Lego. Bisa juga  mengajak anak untuk ikut kegiatan fisik yang sehat, seperti melompat di atas trampolin, menjahit pakaian sendiri.

3. Reframe

Ajari anak-anak Anda bagaimana mengubah 2020 sebagai pengalaman belajar, dan sesuatu yang berhasil mereka tanggung (sehingga membangun ketahanan). Ini bisa menjadi kesempatan emas untuk melalui tahun pandemi virus corona.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro