Presiden Joko Widodo (kiri) disuntik dosis pertama vaksin Covid-19 produksi Sinovac oleh vaksinator Wakil Ketua Dokter Kepresidenan Prof Abdul Mutalib (kanan) di beranda Istana Merdeka, Jakarta, Rabu (13/1/2021). ANTARA FOTO/Setpres-Agus Suparto
Health

Takut Sama Jarum Pas Disuntik Vaksin Covid-19, Ini Tipsnya

Newswire
Minggu, 17 Januari 2021 - 16:20
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Pemerintah tengah menggencarkan vaksinasi Covid-19 untuk mengatasi pandemi. Vaksinasi dilakukan dengan menggunakan jarum suntik. Petugas kesehatan memasukkan vaksin di bagian lengan atas. Hanya saja, tak semua orang berani menjalani vaksinasi. Ada yang urung karena takut jarum suntik.

Ketakutan terhadap jarum suntik ini bisa dipahami. Mungkin karena trauma, membayangkan sakitnya kulit tertembus jarum, dan lain sebagainya. Bahkan ada orang yang sudah masuk tahap lanjut dari ketakutan yakni fobia. Melihat jarum suntik saja membuatnya merasa pusing, jantung berdebar, mual, sampai pingsan.

Direktur Medis AdventHealth Centra Care Urgent Care, Timothy Hendrix mengatakan takut disuntik itu normal. "Kebanyakan orang yang saya temui tidak suka jarum," katanya seperti dikutip dari laman AdventHealth. Hanya saja, dia berharap ketakutan terhadap jarum suntik jangan sampai mempengaruhi kondisi kesehatan jangka panjang.

Bagi Anda yang takut jarum suntik, berikut lima tips yang dapat Anda lakukan sebelum dan saat disuntik:

1. Ubah pola pikir

Mungkin terdengar mudah diucapkan, tapi ini sulit dilakukan. Coba pikirkan dulu apa manfaat yang bisa Anda dapatkan setelah divaksin. Tubuhmu akan lebih kebal terhadap penyakit. Dan sehat menjadi modal utama setiap orang dalam beraktivitas.

Disuntik memang sakit. Tapi itu hanya sementara. "Berpikir positif akan membantu meningkatkan kenyamanan dan mengurangi rasa sakit tersebut," kata Hendrix.

2. Petugas kesehatan

Pastikan Anda disuntik oleh tenaga medis yang mumpuni. Petugas kesehatan yang berpengalaman sudah tahu bagaimana menentukan titik tempat menyuntik, memandu orang yang disuntik dalam mengatur napas (kapan menarik dan menghembuskan napas), serta prosesnya berlangsung cepat.

3. Mengalihkan perhatian

Anda bisa mengalihkan perhatian ketika hendak disuntik. Misalkan melihat ke ponsel, sambil berhitung, melihat gambar yang menarik, dan sebagainya. Dengan begitu, Anda bisa melewatkan momentum disuntik dengan baik.

4. Dampak dari ketakutan

Kalau Anda ketakutan setengah mati saat hendak disuntik, bisa jadi reaksi Anda akan membuat petugas kesehatan menjadi grogi. Jangan sampai kondisi ini merugikanmu karena bisa jadi proses penyuntikan bisa terasa lebih sakit dari yang sebenarnya.

5. Hadapi ketakutan Anda

Tak ada jalan selain menghadapi ketakutan Anda akan jarum suntik. Hadapi dengan tenang dan ikuti instruksi dari petugas kesehatan.
Kendati vaksinasi Covid-19 mulai meluas, masyarakat tetap harus menerapkan protokol kesehatan 5M untuk mencegah infeksi Covid-19. Lima M itu adalah memakai masker, rajin mencuci tangan, menjaga jarak, menghindari kerumunan, dan membatasi mobilitas.

#satgascovid19 #ingatpesanibu #pakaimasker #jagajarak #jagajarakhindarikerumunan #cucitangan #cucitangandengansabun

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Newswire
Sumber : Tempo
Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro