Foto: Dok. Asosiasi Digital Indonesia (IDA)
Relationship

Webinar : Transformasi Digital itu Sekarang bukan Nanti

Media Digital
Jumat, 22 Januari 2021 - 09:41
Bagikan

JAKARTA- Negara Jepang ‘mengapungkan’  konsep “Society 5.0 terkait era peradaban manusia, yang berbasis teknologi dan human-centered. Menurut Perdana Menteri Jepang, Shinzo Abe, konsep ini memiliki 6 pilar utama, yakni: masyarakat digital, energi berkelanjutan, mobilitas cerdas, hidup sehat, keamanan sipil, dan teknologi di tempat kerja.

Society 5.0 mewakili bentuk masyarakat ke-5 dalam sejarah manusia yang secara kronologis mengikuti perburuan, pertanian, industri, dan informasi. Lantas, bagaimana kesiapan Indonesia dalam menghadapi era tersebut? Sudah siapkah kita?

Pertanyaan tersebut akan menjadi wacana menarik dalam industri digital di Indonesia. Tak heran, berbagai pihak yang berkepentingan perlu terus ‘menggenjot’ edukasi tentang transformasi digital dalam kehidupan masyarakat agar tidak ketinggalan pada percepatan teknologi pada masa mendatang.

Asosiasi Digital Indonesia (IDA) adalah perkumpulan pelaku industri digital yang sangat concern memberikan edukasi terkait manfaat industri digital kepada masyarakat, tidak hanya secara bisnis tapi juga tanggung jawab sosial. Untuk mewujudkannya, IDA secara berkala mengadakan berbagai acara yang menghadirkan narasumber yang berpengalaman dan kredibel di bidangnya.

IDA menggelar webinar bertajuk “Transformasi Digital itu Sekarang bukan Nanti”.  Acaranya melalui zoom channel http://bit.ly/WebinarIDA pada Kamis, 28 Januari 2021, pukul 16.00 s.d 17.30 WIB

Narasumber webinar ini adalah: Rudiantara (Menteri Komunikasi dan Informasi Periode 2014-2019); Alexander Rusli (Founder DigiAsia); Hermansjah Haryono (Direktur Utama PT Solusi Sinergi Digital atau Surge); dan Bouderwijn Armando (Client Partner iProspect). Webinar ini dipandu oleh moderator Dian Gemiano (Ketua IDA).

“Meskipun IDA asosiasi bisnis, kami punya kewajiban mengedukasi publik bahwa digital itu penting dalam kehidupan. Webinar ini sangat penting bagi pelaku industri digital, baik yang berkecimpung di perusahaan teknologi, media, maupun advertising. Tapi pembahasannya lebih umum yakni tentang industri digital.” kata Dian Gemiano dalam siaran persnya.

 “IDA ‘kan fokusnya untuk perusahaan lokal ya. Jadi  perusahaan digital lokal harus sama-sama ikut, mumpung ada narasumber yang kompeten di bidangnya.  Mereka akan memberikan wawasan tentang strategi yang harus kita lakukan sekarang untuk menghadapi masa depan digital Indonesia,” ujar Dian.

IDA sangat mengapreasiasi atas kesediaan PT Solusi Sinergi Digital (Surge) sebagai mitra pada acara webinar ini. IDA berharap acara tersebut bisa membuka wawasan sekaligus jadi solusi terkait konektivitas internet dalam ekosistem. Menurut Dian, tepat sekali pemilihan Rudiantara, Alex Rusli, dan Hermansjah Haryono, yang sama-sama sebagai tulang punggung Surge serta menjadi narasumber yang kompeten dan kredibel.

“Kami bekerjasama dengan Surge karena visinya tentang digital tranformasi sangat diperhitungkan untuk kemajuan ekosistem digital di Indonesia. Surge juga punya solusi untuk menghadapi transformasi itu dalam menyambut masa depan industri teknologi,” jelas Dian.

Terkait acara webinar tersebut, Hermanjah Harjono menyebutkan bahwa Surge memang bagian dari tranformasi industri digital sekaligus menjadi bagian dari pertumbuhan ekosistem digital di Indonesia.

“Sebagai solusi-preneur, Surge memang ikut berperan dalam mengembangkan smartcity, IOT, dan AI. Saya berharap ekosistem yang dibangun Surge tentunya memberikan pengaruh besar pula dalam dunia advertising,” kata Hermansjah.

Hermansjah sangat optimis dengan pengembangan ekosistem digital perusahaannya, apalagi setelah Surge kini berpredikat sebagai perusahaan TBK. Menurutnya, teknologi mampu memperbaiki masalah dunia yang kompleks dan Surge fokus pada teknologi bergerak, yang tidak hanya bermanfaat secara bisnis, tetapi juga kepentingan publik, antara lain dengan pemasangan free wifi di berbagai fasilitas umum juga pembangunan kabel fiber optik di Pulau Jawa, yang nantinya masyarakat yang dekat dengan jalur area fiber optik tersebut bisa menikmati internet secara gratis. 

IDA dan Surge mengundang siapapun untuk mengikuti acara webinar “Transformasi Digital itu Sekarang bukan Nanti”. Silakan langsung daftar di  di link http://bit.ly/WebinarIDA.

Transformasi Digital itu Sekarang bukan Nanti! Sudah siap untuk ikut arus pertumbuhan ekosistem digital di Indonesia?

Sampai jumpa di webinar! Stay safe, stay sane!

IDA #demiindustrikita

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Media Digital
Editor : Media Digital
Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Terpopuler

Rekomendasi Kami