Kandidat imunomodulator tanaman herbal asli Indonesia untuk pasien terinfeksi virus Corona baru yang sedang diuji klinis untuk subyek penelitian ke-90 di Rumah Sakit Darurat Penanganan Covid-19 Wisma Atlet, Jakarta, Minggu (2/8/2020)./ANTARA-LIPI
Health

Ada Obat untuk Pasien Corona yang Terbukti Ampuh

Ika Fatma Ramadhansari
Senin, 25 Januari 2021 - 15:41
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Dexamethasone terbukti ampuh diberikan kepada orang yang terinfeksi virus Corona dan merupakan satu-satunya obat yang diakui saat ini untuk pengobatan pasien Covid-19.
 
Namun obat ini hanya bisa digunakan untuk pasien dengan kondisi yang berat, seperti yang diungkapkan dokter spesialis penyakit dalam RA Adaninggar di Instagram Pandemic Talks (@pandemictalks) berjudul "Bagaimana Pengobatan Untuk Covid-19?" yang diunggah Minggu (24/1/2021).
 
"Dexamethasone ini memang diberikan kepada orang-orang yang sudah di ICU. Jadi tidak boleh diberikan kepada gejala ringan atau tanpa gejala," ungkap Adaninggar dalam podcast tersebut.
 
Adaninggar yang merupakan internis di RS Adi Husada Undaan Wetan, Surabaya, Jawa Timur mengungkapkan jika dikonsumsi untuk pasien dengan gejala ringan atau malah tanpa gejala justru akan menyebabkan efek samping yang jauh lebih besar.
 
Walaupun obat ini tidak sulit dicari, Dexamethasone ini sendiri hanya boleh dikonsumsi berdasarkan pengawasan dari dokter kepada pasien.
 
Mengutip, Alodokter pada Senin (25/1/2021), Dexamethasone merupakan obat yang digunakan untuk mengatasi peradangan, reaksi alergi, dan penyakit autoimun. Bahkan juga bisa digunakan untuk mengurangi keluhan efek samping dari kemoterapi.
 
Efek samping obat ini tidak ringan, bahkan dapat menekan kerja sistem imun yang diperlukan untuk melawan kuman penyakit yang masuk ke dalam tubuh.
 
Perlu ditekankan bahwa obat ini sendiri bukanlah obat untuk menyembuhkan Covid-19, melainkan untuk mencegah kerusakan paru pada pasien Covid-19 yang sudah mengalami sesak napas.
 
Adaninggar juga menjelaskan bahwa hingga saat ini masih belum ada satupun obat yang telah melalui uji klinis dan bisa digunakan untuk mengobati Covid-19, begitu halnya dengan obat herbal.

Sementara itu, saat ini dunia tengah berupaya mengendalikan Covid-19 melalui intervensi kesehatan, yaitu vaksin. Sejumlah negara, termasuk Indonesia sudah mulai menyuntikan vaksin kepada masyarakat. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro