Lucia DeClerk, seorang nenek berusia 105 tahun yang berhasil sembuh dari Covid-19. /Twitter
Health

Nenek Berusia 105 Tahun Sembuh dari Covid-19, Apa Rahasianya?

Ika Fatma Ramadhansari
Rabu, 24 Februari 2021 - 15:06
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA -- Seorang nenek berusia 105 tahun, Lucia DeClerk terinfeksi virus Covid-19 pada 25 Januari 2021 lalu. Setelah menjalani isolasi selama dua pekan dia berhasil sembuh, apa rahasianya? 

Padahal berdasarkan pendapat para ahli, orang lanjut usia dan orang yang memiliki penyakit penyerta atau komorbid adalah kelompok rawan saat terinfesi virus Corona. Dalam beberapa kasus tidak jarang kelompok tersebut meninggal dunia sebagai pasien Covid-19. 

Mengutip dari New York Times pada Rabu (24/2/2021), DeClerk pada usianya yang ke-105 tahun terinfeksi Covid-19 dengan gejala ringan sehari setelah mendapatkan dosis kedua dari vaksin Pfizer-BioNTech.

Nenek Lucia, begitu disapa cucu-cucunya, tertular virus ini bersama 61 penghuni panti jompo Mystic Meadow, di mana 4 pasien di antaranya kemudian meninggal dunia.

"Kami sangat berhati-hati, tapi [virus] menemukan cara untuk menyelinap masuk," ungkap Nieman.

Berdasarkan keterangan Nieman, pada Januari, penghuni panti jompo menjalani tes dua kali sepekan dan pada tes pekan terakhir bulan itu, DeClerk dinyatakan positif Covid-19.

Namun takdir berkata lain, DeClerk kemudian dinyatakan sembuh dan telah kembali ke panti jompo dan beraktivitas seperti biasa. Pada Senin (22/2/2021), Gubernur Philip D. Murphy melakukan panggilan video dengan nenek Lucia dan menyatakan kesembuhan nenek berusia lebih dari satu abad itu. 

Vaksinasi yang telah dilakukan DeClerk diduga berkontribusi besar terhadap kesembuhannya. Studi pertama program inokulasi massal di Inggris menunjukkan bukti kuat pada Senin bahwa bahkan satu dosis vaksin dapat membantu mengurangi pasien rawat inap karena virus Corona.

Selain DeClerk, sebelumnya juga diketahui nenek berusia 116 tahun di sebuah panti jompo di Toulon, Prancis juga telah dinyatakan sembuh dari Covid-19.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro