orang pakai headset
Health

Milenials, Ini Lho 3 Cara Aman Pakai Headset

Janlika Putri Indah Sari
Rabu, 3 Maret 2021 - 09:51
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Selama pandemi, banyak masyarakat yang bekerja dari rumah secara virtual. Headset menjadi barang wajib yang tak boleh terlewatkan. Terutama kaum milenial yang tidak bisa lepas dari gadget pasti kerap menggunakannya.

Prof. DR. Dr. Jenny Bashiruddin, SpTHT, mengatakan alat bantu mendengar tersebut bisa berpotensi jadi penyebab gangguan pendengaran.

“Bila penggunaannya salah, nanti akan ada penurunan pendengaran sementara akibat bising. Namun bisa juga lebih parah sehingga harus adanya tindakan oprasi, ” katanya secara virtual (2/3/21).

Dr. Jenny membagikan 3 cara yang aman menggunakan headset :

1. Headset tidak boleh 8 jam di kuping

Menggunakan headset selama lebih dari 1 jam akan mengganggu fungsi pendengaran. Meskipun tidak langsung parah, namun apabila dilakukan secara berulang akan membuat telinga tuli permanen.

2. Satu jam mendengarkan, 1 jam istirahat

Agar telinga tetap terjaga, atur durasi penggunaan hedaset dan juga earphone. Beri jeda waktu 1 jam untuk di pakai, lalu satu jam istirahat.

3. Volume pendengaran maksimal 60 desimal

Kedua alat tersebut mengatarkan suara langsung pada lubang telinga, maka dari itu volume jangan terlalu keras. Batas normal yang diperbolehkan 60 desimal saja.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro