Progesteron
Health

Hormon Progesteron Wanita dapat Selamatkan Pria dari Covid-19

Mia Chitra Dinisari
Kamis, 25 Maret 2021 - 12:07
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Pandemi COVID-19 telah membuat banyak nyawa hilang.

Kasus virus corona meningkat lagi di beberapa negara.

Berbagai penelitian menunjukkan bahwa virus mematikan itu telah membunuh lebih banyak pria daripada wanita. Namun, para peneliti baru-baru ini menemukan bahwa hasil ini dapat ditingkatkan dengan menyuntikkan hormon seks wanita yang disebut progesteron ke dalam pria.

Sesuai penelitian yang diterbitkan dalam jurnal Chest, progesteron sebenarnya diproduksi oleh pria dan wanita, tetapi wanita memproduksi lebih banyak selama periode reproduksi mereka. Dan menyuntikkan hormon pada pria bisa mengurangi risiko kematiannya.

Studi tersebut mengamati 40 pasien pria yang dirawat di rumah sakit dengan kasus COVID-19 sedang hingga parah dan membaginya menjadi dua kelompok.

Kelompok satu adalah kelompok sampel kontrol yang ditawari perawatan medis standar pada saat infeksi. Kelompok lain diberi suntikan progesteron 100 miligram tambahan dua kali setiap hari selama lima hari saat mereka dirawat di rumah sakit.

Kedua kelompok diobservasi hingga mereka layak untuk keluar dari fasilitas medis. Pada hari ketujuh, setiap pasien diurutkan dari tujuh poin dengan tujuh tidak dirawat di rumah sakit dan satu berarti kematian.

Diketahui bahwa dibandingkan dengan kelompok kontrol, kelompok yang diberi terapi hormon memiliki skor rata-rata 1,5 poin lebih tinggi. Kelompok ini juga mengalami lebih sedikit hari rawat inap secara keseluruhan dan kebutuhan yang lebih rendah untuk oksigen tambahan dan ventilasi.

Padahal tidak ada perbedaan yang signifikan antara kedua kategori tersebut.

Tidak ada salahnya mencoba pengobatan hormon karena tidak ada efek sampingnya. Dua pasien tidak bertahan selama masa studi 15 hari, satu dari setiap kelompok.

Menurut para peneliti, progesteron diketahui memiliki sifat anti-inflamasi tertentu, yang bisa memperpendek 'badai sitokin' yang seringkali fatal yang bisa berbahaya bagi banyak orang.

Meskipun temuan ini mendorong penggunaan progesteron untuk mengobati pria dengan COVID-19, penelitian tersebut memiliki keterbatasan. Studi lebih lanjut dalam skala besar, yang mencakup populasi yang lebih heterogen diperlukan untuk mengkonfirmasi temuan tersebut.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro