Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Rajin Mengonsumsi Temu Lawak, Ini 6 Manfaatnya bagi Tubuh

Selain sebagai obat, temu lawak juga dimanfaatkan sebagai penyedap masakan, minuman, serta pewarna alami untuk makanan dan kosmetik.
Newswire
Newswire - Bisnis.com 28 Maret 2021  |  08:49 WIB
Temulawak memiliki khasiat untuk menyembuhkan penyakit dan . - Istimewa/Innspubnet
Temulawak memiliki khasiat untuk menyembuhkan penyakit dan . - Istimewa/Innspubnet

Bisnis.com, JAKARTA — Temu lawak merupakan tanaman asli Indonesia yang bentuknya mirip dengan kunyit. Tanaman yang memiliki nama latin Curcuma xanthorrhiza ini sering digunakan sebagai obat herbal. Biasanya, temu lawak diolah menjadi jamu.

Temu lawak mengandung kurkuminoid, minyak atsiri, pati, protein, lemak, selulosa, dan mineral. Selain itu, ada tiga zat aktif yang terkandung dalam rimpang temu lawak, yaitu germakron, berfungsi sebagai antiradang dan menghambat pembengkakan. P-toluilmetillkarbinol dan seskuiterpen d-kamper, berfungsi untuk meningkatkan produksi dan empedu. Terakhir Tumeron, berfungsi sebagai antimikroba.

Selain sebagai obat, temu lawak juga dimanfaatkan sebagai penyedap masakan, minuman, serta pewarna alami untuk makanan dan kosmetik. Berikut enam manfaat mengonsumsi temu lawak bagi tubuh:

1. Mengatasi masalah sistem pencernaan

Manfaat temu lawak yang pertama adalah merangsang produksi cairan empedu di kantong empedu. Tentu saja hal ini membantu pencernaan serta metabolisme makanan dalam tubuh. Tidak hanya itu, menurut para ahli, temu lawak juga bermanfaat untuk mengatasi perut kembung, dan meningkatkan nafsu makan.

2. Sebagai antiradangt temu lawak mengandung senyawa antiradang yang bisa menghambat produksi prostaglandin E2 yang memicu peradangan. Oleh karena itu, kandungan antiradang di dalamnya membantu mengatasi penyakit akibat peradangan di dalam tubuh seperti radang sendi.

3. Mengatasi mag

Penyakit mag dapat diatasi dengan temu lawak. Manfaat temu lawak untuk kesehatan ini berasal dari kandungan kukurmin, monoterpen, dan sekuiterpen. Penyakit perut tersebut dapat disembuhkan secara alami dengan mengonsumsi temu lawak secara teratur.

4. Meningkatkan stamina

temu lawak bisa diandalkan untuk meningkatkan stamina karena kandungan tonikumnya. Manfaat temu lawak untuk kesehatan ini patut dicoba alih-alih mengonsumsi obat kimia.

5. Meningkatkan sistem imun

Temu lawak bisa membantu meningkatkan sistem imun tubuh. Manfaat temu lawak untuk kesehatan ini berasal dari kandungan antioksidannya. Sistem imun yang terjaga akan membuat tubuh terhindar dari berbagai jenis penyakit berbahaya. Termasuk infeksi virus, bakteri, dan kuman.

6. Menurunkan kadar kolesterol

Manfaat temu lawak lainnya, dapat membantu menurunkan kadar kolesterol di dalam tubuh. Hal itu disebabkan kandungan kurkuma yang cukup tinggi di dalam temu lawak dapat mengatasinya dengan efektif.


Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

kesehatan jamu

Sumber : Tempo.co

Editor : Zufrizal

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!
qrcode bisnis indonesia logo epaper

BisnisRegional

To top