Jahe/boldsky.com
Health

Awas! Kebanyakan Konsumsi Jahe bisa Berbahaya untuk Orang dengan Kondisi Medis Ini

Mia Chitra Dinisari
Minggu, 28 Maret 2021 - 10:21
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Jahe (Zingiber officinale) adalah salah satu bumbu atau ramuan yang paling umum dikonsumsi di dunia.

Senyawa bioaktif bernama gingerol dalam 'the mighty ginger' memiliki sifat terapeutik yang luar biasa dan berbasis bukti terhadap berbagai kondisi kesehatan seperti diabetes, pilek, masalah perut, hipertensi, mual, dan banyak lainnya.

Bahkan, jahe dianggap sebagai salah satu herbal pencegah covid-19 di tengah pandemi corona saat ini.

Terlepas dari banyak manfaat kesehatan dari jahe, beberapa penelitian mengatakan bahwa mengonsumsi jahe, baik dalam jumlah sedang maupun dalam jumlah besar, bisa berdampak buruk bagi orang dengan kondisi kesehatan tertentu.

Jika Anda termasuk dalam kategori ini, Anda disarankan untuk berkonsultasi dengan ahli medis untuk dosis yang tepat untuk mencegah komplikasi.

Berikut daftar orang dengan kondisi medis tersebut seperti dilansir dari Boldsky:

1. Ibu hamil

Jahe bermanfaat untuk meredakan mual dan muntah selama kehamilan. Namun, dalam jumlah yang banyak, bisa berbahaya bagi ibu hamil. Stimulan alami dalam jahe dapat menyebabkan kontraksi dini. Hal ini dapat menyebabkan keguguran atau kelahiran bayi lebih awal (persalinan prematur). Selama kehamilan, overdosis jahe harus dihindari dalam bentuk apapun untuk wanita yang akan melahirkan atau memiliki riwayat gangguan perdarahan.

2. Kehilangan nafsu makan

Jahe  adalah salah satu solusi terbaik untuk menurunkan berat badan. Gingerol dalam jahe meningkatkan laju metabolisme dan menekan nafsu makan. Konsumsi jahe menyebabkan kalori terbakar pada tingkat yang jauh lebih tinggi dan menyebabkan seseorang makan lebih sedikit. Oleh karena itu, jahe harus dihindari oleh orang yang ingin menambah berat badan atau mereka yang sudah kurus.

3. Penderita Batu Empedu

Sebuah penelitian telah menunjukkan bahwa jahe dapat meningkatkan sekresi empedu dan menyebabkan pembentukan batu kandung empedu. Jus empedu memainkan peran penting dalam pencernaan dan penyerapan lemak; Namun, konsumsi jahe yang berlebihan dapat merangsang hati untuk memproduksi lebih banyak cairan empedu dan mempercepat pembentukan batu kandung empedu.

4. Gangguan darah

Jahe mengandung garam bernama salisilat yang berfungsi sebagai pereda nyeri, terutama bagi penderita osteoartritis. Ini juga membantu meningkatkan sirkulasi darah dan aliran ke organ-organ. Namun, orang yang sedang menjalani pengobatan pengencer darah atau pembekuan darah, atau penderita hemofilia, harus menghindari jahe karena dapat menyebabkan perdarahan yang berlebihan.

5. Wasir

Jahe bisa membantu mengurangi peradangan dan nyeri pada wasir atau wasir. Namun, menurut beberapa penelitian dan keyakinan praktik, jahe dapat menyebabkan iritasi, gatal, bengkak, rasa tidak nyaman dan nyeri pada penderita ambeien. Ini juga dapat mendorong pendarahan dan memperburuk kondisinya.

6. Ginjal

Jahe secara signifikan memiliki efek renoprotektif karena aktivitas antioksidannya. Namun, jahe mengandung senyawa bernama 'kreatinin' dan kadar yang tinggi di dalam darah, menunjukkan gangguan ginjal yang parah seperti penyakit ginjal kronis. 

7. GERD

Bagi penderita kondisi peradangan seperti GERD (Acid reflux), overdosis jahe (sekitar empat gram) dalam satu hari dapat menyebabkan acid reflux, iritasi pada lapisan lambung. , nyeri dada dan mulas. Selain itu, konsumsi jahe dalam jumlah sedang adalah yang terbaik untuk mencegah komplikasi GERD yang disebutkan di atas.

8. Artritis

Pada beberapa orang, krim atau gel berbahan dasar jahe untuk meredakan artritis dapat memperburuk peradangan pada penderita artritis. Jahe adalah pereda nyeri yang sangat baik karena sifat anti-inflamasi, tetapi pada beberapa produk jahe berbasis pasar atau konsumsi jahe yang berlebihan dapat memperburuk rasa sakit dan peradangan artritis.

9. Tiroid

Meskipun jahe dianggap sebagai ramuan yang aman, beberapa penelitian melaporkan jahe menyebabkan efek samping seperti tiroiditis. Efek antioksidan dan penghambatan jahe pada laju metabolisme dapat merusak selaput yang mengelilingi hormon tiroid di folikel dan melepaskan hormon dalam darah, yang menyebabkan pembengkakan atau pembengkakan kelenjar tiroid dan produksinya yang berlebihan.

10. Menyusui

Jahe umumnya dianggap aman dan efektif untuk wanita yang sedang menyusui. Ia juga dikenal untuk meningkatkan suplai ASI selama ini. Namun, beberapa kepercayaan menyebutkan bahwa konsumsi jahe yang berlebihan oleh ibu menyusui terkadang bisa memicu kolik pada bayi, kondisi yang ditandai dengan tangisan intens tanpa alasan yang jelas, berbeda dengan menangis minta ganti popok atau kelaparan.

11. Depresi

Gingerol dalam jahe diketahui dapat mengobati faktor-faktor yang dapat memicu kecemasan atau depresi. Namun, dalam beberapa kasus, hal itu dapat memengaruhi pelepasan serotonin, hormon bahagia yang dikenal dapat menstabilkan kondisi psikologis seperti perubahan suasana hati, dan menyebabkan gejala depresi.

12. Aritmia jantung

Aritmia jantung disebut sebagai sekelompok kondisi yang menyebabkan detak jantung tidak teratur. Jahe adalah ramuan yang sangat baik untuk berbagai kondisi jantung, tetapi dalam jumlah besar, dapat menyebabkan jantung berdebar-debar, jika Anda mengonsumsi jahe dengan obat jantung.

Dosis

Dosis jahe bervariasi untuk orang dewasa yang sehat, orang dengan beberapa kondisi medis dan jenis kondisi medis. Misalnya, ibu hamil disarankan mengonsumsi sekitar 250 mg jahe selama empat hari (atau hingga 1 g) untuk mengurangi gejala mual dan muntah; orang dengan masalah kandung empedu dianjurkan kurang dari 1.200 mg, dan penderita osteoartritis dosis antara 170 mg hingga 340 mg, dua kali atau tiga kali sehari atau seperti yang diresepkan dengan obat-obatan tertentu. Dosis rata-rata jahe adalah 0,5 g atau 1 g, 3 atau 4 kali sehari.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Bagikan

Tags :


Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro