Cari berita
  • facebook
  • twitter
  • instagram
  • youtube
Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

4 Cara Atasi Bibir Kering Saat Puasa

Bibir tidak memiliki kelenjar minyak dan keringat untuk menjaganya tetap lembap. Selain itu, kulit di bibir 15 kali lebih tipis dari kulit di tubuh sehingga membutuhkan perawatan dan perlindungan ekstra terutama di bulan suci ramadan ketika tingkat hidrasi rendah.
Janlika Putri Indah Sari
Janlika Putri Indah Sari - Bisnis.com 13 April 2021  |  11:39 WIB
4 Cara Atasi Bibir Kering Saat Puasa
Bibir kering - Boldsky.com

Bisnis.com, JAKARTA – Selama menjalankan puasa kerap kali membuat bibir kering dan pecah-pecah.
Meskipun ramadan kali ini kembali menggunakan masker, namun bibir kering akan membuat rasa tidak nyaman berkepanjangan.

Karena tidak seperti area kulit lainnya, bibir sangat rentan kering.

Melansir dari arabnews, bibir tidak memiliki kelenjar minyak dan keringat untuk menjaganya tetap lembap. Selain itu, kulit di bibir 15 kali lebih tipis dari kulit di tubuh sehingga membutuhkan perawatan dan perlindungan ekstra terutama di bulan suci ramadan ketika tingkat hidrasi rendah.

Untungnya, ada sejumlah cara untuk membantu melawan kulit bersisik dan bibir pecah-pecah.

Berikut adalah cara membuat bibir tidak kering saat puasa:

1. Minum Banyak Air

Cara terbaik untuk mengatasi bibir kering dan pecah-pecah adalah dengan meningkatkan asupan air selama buka puasa dan sahur. Secara umum, minum dua liter air setiap hari akan membuat tetap terhidrasi sekaligus memastikan bibir tetap lembut.
Konsumsi sup, susu, dan teh herbal juga berkontribusi pada asupan cairan total.

2. Cobalah Scrub Bibir

Mengelupaskan kulit bibir membuatnya lebih lembut dan terhidrasi, tanpa menghilangkan kelembapan alaminya. Gunakan lulur bibir yang bisa di buat sendiri di rumah menggunakan bahan dapur seperti madu dan gula pasir. Anda bisa membuat scrub dengan mencampurkan madu, minyak kelapa, dan gula mentah dalam perbandingan yang sama, lalu oleskan campuran tersebut dengan lembut ke bibir. Ada juga berbagai formula pengelupasan di pasaran yang bisa Anda coba.

3. Hidrat

Setelah kulit di bibir terkelupas, carilah pelembap bibir yang menghidrasi yang mengandug ceramide dan minyak alami. Pilihlah lip balm dengan formula menutrisi untuk membantu melembutkan kekeringan bibir secara instan dan sehat.

4. Masker Bibir

Mirip dengan masker mata, masker bibir mudah digunakan dan dikemas dengan bahan pelembab seperti asam hialuronat, shea butter, dan vitamin E.

Untuk menggunakannya, letakkan penutup bibir berbentuk bibir di mulut Anda selama 10 menit.Kemudian, lepas penutupnya dan biarkan sisa serum meresap ke dalam kulit bibir agar lebih halus.

3. Gunakan Humidifier

Udara kering bisa menghilangkan kelembapan dari kulit, begitu pula dengan bibir. Pertimbangkan untuk memasukkan humidifier ke dalam ruangan Anda selama bulan suci untuk menambahkan kelembapan yang sangat dibutuhkan ke udara.

4. Berhenti Menjilat Bibir

Menjilat bibir sering kali dilakukan untuk menghilangkan rasa kering.

Namun sebenarnya itu malah lebih mengeringkannya. Air liur tidak hanya mengandung asam yang dapat mengiritasi bibir, tetapi terus menerus menjilat bibir akan menghilangkan minyak alami yang ada pada kulit. Sebaliknya, gunakan balsem bibir yang menenangkan untuk menutrisi dan menenangkan bibir kering.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

bibir Ramadan
Editor : Mia Chitra Dinisari

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini

back to top To top