Usus buntu/istimewa
Health

Cara Mudah Menjaga Kesehatan Usus

Janlika Putri Indah Sari
Rabu, 14 April 2021 - 11:16
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA --
Menjaga kesehatan usus bukan hanya sekedar mematuhi sebuah iklan minuman susu fermentasi untuk meminumnya sebanyak dua gelas dalam satu hari.

Kesehatan usus sangat penting bagi tubuh. Kompleksitas usus begitu penting bagi kesehatan secara keseluruhan setiap tubuh.

Melansir dari express, usus yang sehat mengandung bakteri sehat dan sel kekebalan yang menangkal agen infeksi seperti bakteri, virus, dan jamur.

Usus yang sehat juga berkomunikasi dengan otak melalui saraf dan hormon, sehingga membantu menjaga kesehatan dan kesejahteraan secara umum.

Dr Michael Mosley membahas pentingnya bakteri baik dan kesehatan usus dan bagaimana makanan tertentu dapat mempengaruhi hal ini dengan Dr Kirsten Berding Harold dari Rumah Sakit Universitas di Cork.

“Ada banyak makanan tidak sehat yang kita ketahui. Ada begitu banyak makanan olahan, makanan tinggi lemak, makanan yang digoreng, dan makanan tinggi gula. Jadi sebenarnya, semua makanan yang rasanya enak bagi banyak orang sebenarnya buruk bagi mikroba usus, ” kata Harold.

Berikut makanan yang harus dihindari untuk menjaga kesehatan usus:

1. Makanan Siap Saji

Para ahli menyarankan untuk mengurangi jumlah makanan olahan, tinggi gula, dan tinggi lemak. Pilihlah makan mengandung nabati dan protein tanpa lemak dapat berdampak positif pada usus Anda.

2. Soda

Penelitian telah menunjukkan bahwa pemanis buatan seperti sakarin dan sukralosa, yang digunakan dalam beberapa soda diet, dapat mengubah populasi mikrobiota usus manusia. Karbonasi dalam soda juga bisa menyebabkan kembung dan sendawa.

4.Lemak Jenuh

Lemak jenuh diet tinggi lemak jenuh yang ditemukan dalam daging berlemak, mentega, dan keju dapat memengaruhi keanekaragaman dan kelimpahan bakteri usus baik Anda.

Studi juga telah menemukan bahwa ketika karnitin, senyawa dalam daging merah, bercampur dengan bakteri usus, itu menyebabkan terbentuknya trimetilamina N-oksida (TMAO). Pada tingkat yang lebih tinggi, TMAO dikaitkan dengan risiko yang lebih besar untuk penyakit kardiovaskular dan kematian dini.

Tanda-tanda penderita usus tidak sehat :
- Sakit perut
- Diet dengan terlalu banyak gula di dalamnya
- Perubahan berat badan yang tidak disengaja
- Gangguan tidur atau kelelahan konstan
- Iritasi kulit
- Kondisi autoimun
- Intoleransi makanan

Mikroba di usus dapat mulai berubah dalam beberapa hari setelah perubahan pola makan.

Tetapi manfaat jangka panjangnya bisa memakan waktu beberapa tahun.

Situs kesehatan British Heart Foundation menambahkan

"Ingatlah bahwa jika Anda kembali ke cara lama, Anda tidak akan mendapatkan banyak manfaat. ini tentang perubahan jangka panjang. Buatlah sakelar kecil, seperti membeli paprika dengan warna berbeda, bukan satu, tapi sebungkus sayuran untuk jadi campuran bahan makanan untuk mencoba mengubah kesehatan usus Anda," kata situs tersebut.

Cobalah untuk tidak makan yang sama setiap hari. Makanlah buah yang berbeda pada hari yang berbeda, atau jika Anda makan bubur setiap hari, variasikan toppingnya. Hari ini menu pisang dan besok variasikan dengan kacang-kacangan dan biji-bijian.

Usus yang rusak dapat menyebabkan segala macam masalah kesehatan pencernaan termasuk sindrom iritasi usus besar (IBS), SIBO, Penyakit Crohn, ketidakteraturan, sakit perut, kembung, dan banyak lagi.

Salah satu cara terbaik untuk mendukung kesehatan usus Anda adalah dengan makan dengan baik.

Dengan mengonsumsi makanan yang tepat dengan risiko dan potensi merusak atau mengganggu mikrobioma usus Anda berkurang drastis.

Dengan mengikuti diet kaya buah dan sayuran dan mengonsumsi suplemen probiotik, kesehatan usus Anda dapat meningkat secara signifikan bersama dengan semua manfaat kesehatan lainnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Bagikan

Tags :


Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro