Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Survei : 89 Persen Orang Takut Kehilangan Pekerjaan, 75 Takut Tertular Saat Pandemi

Temuan ini konsisten dengan adanya kegelisahan umum di Indonesia untuk mempertahankan pekerjaan, dengan 69% responden menyatakan bahwa mereka kehilangan pekerjaan atau jam kerja mereka berkurang.
Mia Chitra Dinisari
Mia Chitra Dinisari - Bisnis.com 02 Mei 2021  |  16:06 WIB
Survei edelman
Survei edelman

Bisnis.com, JAKARTA - Edelman Trust Barometer 2021 mengungkapkan bahwa ternyata virus COVID-19 bukanlah kekhawatiran terbesar bagi masyarakat Indonesia; 89% khawatir akan kehilangan pekerjaan sedangkan 75% khawatir tertular virus COVID-19.

Temuan ini konsisten dengan adanya kegelisahan umum di Indonesia untuk mempertahankan pekerjaan, dengan 69% responden menyatakan bahwa mereka kehilangan pekerjaan atau jam kerja mereka berkurang.

Ketakutan ini meningkatkan rasa urgensi masyarakat Indonesia terhadap institusi untuk menyelesaikan masalah-masalah sosial yang kritis, termasuk meningkatkan sistem kesehatan (+72 poin), menangani kemiskinan (+70 poin) dan meningkatkan kualitas sistem pendidikan (+69 poin).

Tahun ini, Edelman Trust Barometer juga mengukur sebaik apa responden mempraktikkan evaluasi penerimaan dan penyebaran informasi yang baik atau information hygiene yang baik ditentukan oleh keterlibatan mereka dengan berbagai sumber berita, penghindaran dari echo chambers atau informasi yang berulang-ulang, dan verifikasi informasi sebelum mengkonsumsi dan menyebarkannya. Studi menunjukkan bahwa hanya 1 dari 4 orang Indonesia telah mempraktikkan proses pengolahan informasi yang baik.

Meski muncul ketakutan, survei yang sama mengungkapkan bahwa tingkat kepercayaan masyarakat terhadap institusi Bisnis, pemerintah, NGO dan media untuk memulihkan pandemi cukup besar.

Selain itu, dengan bisnis mulai melakukan perencanaan pemulihan ekonomi, bekerja kembali di kantor terus menjadi kekhawatiran bagi 50% pekerja. Perusahaan perlu memahami bahwa lingkungan kerja telah berubah selamanya ketika membentuk rencana kerja di masa depan, seiring dengan surutnya pandemi.

Institusi Bisnis memiliki tingkat kepercayaan tertinggi sebesar 78%, 8 poin lebih tinggi dibanding Pemerintah. Temuan ini konsisten dengan tren global dimana Bisnis mengungguli pemerintah di 18 dari 27 negara yang diteliti oleh Barometer.

“Kemampuan kita untuk menangani pandemi COVID-19 bergantung pada banyak faktor, di antara yang terpenting adalah kepercayaan publik. Bangsa Indonesia perlu percaya bahwa institusi pemerintah, bisnis, media, dan LSM di Indonesia mendahulukan kepentingan masyarakat. Seperti yang kita lihat, kepercayaan pada keempat lembaga tersebut masih pada tingkat yang baik. Tetapi Kepercayaan terus diuji setiap hari dan tidak boleh dianggap remeh, terutama karena pandemi COVID-19 masih jauh dari selesai.” ujar Maria Tobing, Director Corporate & Public Affairs Edelman Indonesia dalam keterangan tertulisnya.

Hasil dan temuan di Indonesia dari Edelman Trust Barometer 2021 diluncurkan secara virtual pada 29 April 2021 bersama American Chamber of Commerce dan European Business Chamber of Commerce. Peluncuran disertai diskusi dengan panel ahli Charles Honoris Wakil Ketua Komisi IX (Kesehatan dan Ketenagakerjaan) DPR RI, Vera Galuh Sugijanto VP Secretary General, Danone Group, Adi Kusma President Director, Biznet, dan Melisa Soentoro Senior Principal, Korn Ferry.


Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

survei pandemi corona
Editor : Mia Chitra Dinisari

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!
qrcode bisnis indonesia logo epaper

BisnisRegional

To top