Tangan perempuan memegang botol kecil berlabel vaksin virus corona Covid-19 dan logo perusahaan farmasi Pfizer./Antara-Reutersrn
Health

Muncul Varian Baru Virus Corona, Usia 50 Tahun ke Atas akan Suntik Vaksin Dosis Ke 3

Mia Chitra Dinisari
Kamis, 6 Mei 2021 - 09:18
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA  - Pemerintah Inggris akan menyuntikkan vaksin dosis ketiga pada orang di atas 50 tahun.

Hal ini menyusul prediksi mereka jika pandemi tidak akan berakhir dalam waktu dekat dan pertahanan harus ditingkatkan.

Suntikan ketiga akan ditawarkan kepada semua orang yang berusia di atas 50 tahun di Musim Gugur untuk menghapus COVID-19 sepenuhnya sebelum Natal, The Times melaporkan.

Salah seorang dokter penanganan covid-19 di Inggris Dr Hilary mengungkapkan ada "dua opsi" yang sedang dibahas.

"Kami tidak yakin berapa lama antibodi tersebut akan bertahan sehingga suntikan penguat akan tampak seperti ide yang bagus," katanya.

Pemerintah saat ini sedang mempertimbangkan dua opsi untuk jenis jab yang akan ditawarkan, jelas Dr. Hilary.

"Yang sama seperti yang sudah disuntikkan sebelumnya, atau yang berbeda untuk memenuhi permintaan varian baru," katanya dilansir dari Express.

Dr Hilary menambahkan: "Ini akan menjadi salah satu."

Menurut informasi resmi yang diberikan kepada The Times, suntikan pertama melibatkan vaksin yang secara khusus dimodifikasi untuk mengatasi varian baru.

Yang kedua untuk bidikan ketiga dari salah satu dari tiga versi yang sudah digunakan: Pfizer-BioNTech, Oxford-AstraZeneca, atau Moderna.

Sementara vaksin yang disetujui menawarkan perlindungan yang cukup terhadap varian Kent, jumlah perlindungan yang mereka tawarkan terhadap yang lain, seperti yang dari Afrika Selatan, lebih lemah.

Seruan untuk suntikan ketiga yang secara khusus disesuaikan dengan varian baru semakin keras setelah penelitian yang diterbitkan minggu lalu menunjukkan satu dosis vaksin Pfizer-BioNTech menawarkan perlindungan yang tidak memadai terhadap varian baru.

Para ilmuwan memantau 731 pekerja perawatan kesehatan Inggris selama beberapa bulan tahun lalu.

Sekitar setengah dari mereka dalam kelompok studi telah tertular COVID-19 selama gelombang pertama pandemi pada Maret 2020, sementara sisanya belum terinfeksi.

Studi tersebut menemukan bahwa mereka yang sebelumnya mengalami infeksi ringan atau bahkan tanpa gejala memiliki respons kekebalan yang jauh lebih tinggi setelah satu dosis vaksin Pfizer dibandingkan mereka yang tidak pernah sakit.

Respon kekebalan sangat kuat, penelitian mencatat, bahwa itu juga menawarkan perlindungan yang baik terhadap varian yang pertama kali terdeteksi di Inggris dan Afrika Selatan.

Penelitian tersebut “pada dasarnya menunjukkan bahwa jika Anda pernah menderita COVID-19 sebelumnya, dan kemudian Anda memiliki vaksin dosis tunggal, Anda benar-benar berada di liga yang berbeda dalam hal respons kekebalan Anda,” kata Rosemary Boyton, seorang profesor imunologi dan pengobatan pernapasan di Imperial College, yang ikut menulis penelitian ini.

“Ini hampir seperti infeksi yang bertindak sebagai yang utama dan dosis pertama telah bertindak sebagai pendorong.”

Namun, kelompok sukarelawan yang belum terinfeksi menunjukkan tanggapan kekebalan yang jauh lebih lemah terhadap varian setelah satu dosis.

Studi tersebut menunjukkan bahwa tingkat antibodi penawar mereka 11 hingga 25 kali lipat lebih rendah terhadap varian B117 dibandingkan dengan versi asli virus, "mengakibatkan sebagian besar individu jatuh di bawah ambang batas perlindungan."

Tim peneliti mengatakan temuan mereka juga kemungkinan berlaku untuk varian lain yang beredar, seperti P1, yang pertama kali terdeteksi dan Brasil, serta varian B1617 dan B1618, yang pertama kali dikaitkan dengan India.

Terlepas dari temuan tersebut, para peneliti menekankan keampuhan vaksin saat ini, tetapi masyarakat harus berhati-hati tentang tingkat perlindungan yang ditawarkan oleh satu suntikan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro