Rencana  pernikahan./Ilustrasi/Express.co.uk
Relationship

Mau Menyusun Anggaran Pernikahan? Perhatikan 5 Hal Ini!

Yuliana Hema
Senin, 17 Mei 2021 - 13:51
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Setiap pasangan mempunyai pernikahan impiannya masing-masing. Untuk mewujudkan impian tersebut hal yang tidak kalah penting adalah dana.

Menyusun anggaran pernikahan merupakan aspek terpenting dalam menyusun rangkaian pernikahan. Berikut lima hal yang perlu Anda lakukan dalam menyusun anggaran pernikahan:

1. Tentukan Siapa yang Membayar Untuk Apa

Meski pembahasan mengenai seputar hal ini terbilang canggung tetapi harus dibicarakan dengan keluarga tentang siapa yang akan membayar untuk apa. Cara terbaik untuk melakukan diskusi yang benar-benar terbuka dengan berbicara dengan setiap keluarga secara terpisah

Tanyakan kepada kedua orang tua Anda apakah mereka berencana untuk berkontribusi dalam biaya pernikahan. Putuskan seberapa banyak Anda berdua dapat berkontribusi dalam merancang pernikahan.

2. Mulailah Menabung

Cari tahu berapa banyak uang yang perlu Anda keluarkan. Anda juga perlu mengalokasikan 5% anggaran pernikahan sebagai dana “berjaga-jaga.”

Mulailah menabung sejak anda bertunangan atau memutuskan untuk menikah. Mulai pertimbangkan untuk membuka rekening tabungan terpisah sehingga Anda dapat menabung secara teratur dari setiap gajian.

Dalam hal ini, Anda bisa menerapkan prinsip 50/30/20 dalam mengatur pendapatan Anda. Dimana 20% dari pendapatan Anda disisihkan atau ditabung untuk keperluan menikah.

3. Catat Dana yang Dikeluarkan

Setelah menetapkan anggaran hal yang perlu Anda lakukan ialah melacak dan mengalokasikan dana. Anda dapat mencatat semua jumlah uang masuk dan keluar dalam sebuah jurnal.

Mulai Teliti pada potensi biaya tersembunyi yang dapat bertambah seiring waktu. Misalkan biaya lembur misalkan dalam membayar fotografer, biaya layanan parkir dan sejenisnya, biaya dekorasi ekstra, hingga uang tip.

4. Jangan Terlalu Boros

Meski telah menetapkan anggaran, Anda perlu mempertimbangkan biaya-biaya yang lebih rendah. Misalkan dengan mencari gaun dengan harga diskon atau Anda bisa menjual kembali gaun pengantin tersebut.

5. Tetap Realistis

Terlihat mudah untuk menyederhanakan anggaran pernikahan Anda. Namun yang perlu diperhatikan adalah tetap realistis tentang biaya setiap elemen secara umum. Setelah Anda mengetahui hal ini, lebih mudah mengalokasikan dana dari anggaran Anda.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Yuliana Hema
Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro