Ilustrasi/Cambridgeinternational
Relationship

5 Hal yang Diharapkan Bawahan dari Bos nya

Mia Chitra Dinisari
Rabu, 19 Mei 2021 - 13:56
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Semua karyawan menginginkan atasan atau bos yang baik. Seseorang yang dapat memotivasi mereka, menjadi pemimpin yang hebat, dan mampu menengahi situasi sulit.

Pemimpin yang efisien di tempat kerja memiliki kemampuan untuk meningkatkan moral dan produktivitas kerja untuk alur kerja yang lancar.

Memenuhi kebutuhan karyawan juga merupakan bagian penting untuk menjadi pemimpin yang baik, oleh karena itu, setiap atasan harus mempertimbangkan hal ini.

Berikut adalah beberapa hal yang sangat umum tetapi penting yang diharapkan semua karyawan untuk didengar dari atasan mereka seperti dilansir dari Times of India:

1. Apresiasi

'Kerja bagus' bukanlah satu-satunya hal yang ingin didengar karyawan saat mereka melakukan pekerjaan dengan baik. Mendapatkan sedikit umpan balik tentang bagaimana, apa dan mengapa mereka berkinerja baik dalam proyek dapat membantu mereka memahami peran mereka dengan lebih baik untuk proyek mendatang. Seorang atasan harus dapat mengidentifikasi kelemahan, kekuatan dan kemampuan khusus karyawan.

2. Meminta pendapat

Mengetahui bahwa tempat kerja adalah tentang kerja tim yang efisien, karyawan mengharapkan atasan mereka untuk meminta pendapat mereka dalam hal-hal tertentu dari waktu ke waktu. Memberi mereka kesempatan untuk mengekspresikan pandangan dan pendapat mereka akan membuka ruang bagi lingkungan kerja yang sehat di mana mereka juga dapat dikenali atas ide-ide mereka yang telah ditingkatkan.

3. Memberikan umpan balik tepat waktu

Ini adalah langkah yang sangat penting untuk mempertahankan hubungan karyawan-bos yang tepat. Umpan balik diperlukan untuk memahami dinamika tempat kerja dan apa sebenarnya yang diharapkan dari seorang karyawan. Seringkali, bos mengharapkan karyawan mereka untuk bekerja lebih keras sendiri tanpa memberi mereka arahan atau umpan balik yang tepat mengenai di mana mereka harus meningkatkan keterampilan mereka. Makanya, semua karyawan berharap atasan sering memberikan feedback di sana-sini.

4. Belajar dari kesalahan

Beberapa bos cukup santai dan tahu cara menceritakan kisah di mana mereka dulu melakukan kesalahan sebagai karyawan baru. Karyawan menyukai bos yang dapat memberikan pelajaran hidup yang jujur tentang membuat kesalahan namun tegas untuk tidak melakukannya lagi. "Ini adalah apa yang pernah saya lakukan ... dan inilah cara saya memperbaikinya" adalah contoh sempurna dari bersikap santai dan ramah.

5. Tanda terima kasih

Tanda terima kasih yang kecil atau 'terima kasih' dapat membuat karyawan merasa sangat nyaman dengan dirinya sendiri. Karyawan ingin atasan mereka menunjukkan penghargaan atas upaya mereka dalam pekerjaan apa pun yang telah meningkatkan produktivitas kerja secara signifikan. Pengakuan publik atau pribadi dapat meningkatkan moral karyawan dan mendorong mereka untuk bekerja lebih baik.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro