Sri Paduka Paku Alam X saat memberikan kartu vaksinasi bagi penyandang disabilitas di Grab Vaccine Center Yogyakarta. /ANTARA-Grab Indonesia)
Health

Grab Luncurkan Pusat Vaksinasi bagi Penyandang Disabilitas di Yogyakarta

Rahmi Yati
Kamis, 17 Juni 2021 - 15:05
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Grab dan Good Doctor berkolaborasi dengan Kementerian Kesehatan serta Dinas Kesehatan Provinsi Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) untuk menghadirkan pusat vaksin yang inklusif bagi para penyandang disabilitas.

Country Managing Director Grab Indonesia Neneng Goenadi mengatakan pusat vaksin ini menargetkan 1.000 penyandang disabilitas, lansia, serta pekerja publik sektor pariwisata dan transportasi.

"Dengan menjadikan penyandang disabilitas sebagai salah satu target vaksinasi, pusat vaksinasi ini menghadirkan berbagai fasilitas dan akses yang ramah bagi mereka," katanya dalam siaran pers, Kamis (17/6/2021).

Grab dan Good Doctor telah menjadi mitra swasta pertama pemerintah Indonesia dalam menyukseskan program vaksinasi nasional dengan pendekatan teknologi sejak Februari 2021. Keduanya telah membantu distribusi vaksin ke ratusan ribu masyarakat dan mitra pengemudi di Indonesia di lebih dari 53 kota dan kabupaten hingga kini.

Menurutnya, pandemi ini mendorong peran kolaboratif dari sektor swasta dalam membantu pendistribusian vaksin. Di Yogyakarta, Grab bersyukur tidak hanya dapat melindungi para mitra pengemudi lewat pemberian vaksin, tetapi juga dapat turut mempercepat vaksinasi bagi para penyandang disabilitas dan memberikan fasilitas terbaik dalam pusat vaksinasi ini.

Grab juga telah menghadirkan GrabGerak, layanan transportasi yang dirancang khusus untuk penyandang disabilitas dengan mitra pengemudi yang sudah dilatih untuk dapat melayani para penyandang disabilitas. GrabGerak akan siap menjemput para penyandang disabilitas yang akan divaksin di Grab Vaccine Center Yogyakarta.

"Kami berharap inisiatif yang kami lakukan ini dapat mendorong semakin banyak masyarakat untuk menerima vaksin Covid-19 pertama mereka," jelasnya.

Sekretaris Jenderal Kementerian Kesehatan Oscar Primadi menjelaskan pemerintah telah mulai melakukan vaksinasi terhadap kelompok penyandang disabilitas fisik dan mental pada 2 Juni 202 secara serentak. Para penyandang disabilitas menjadi prioritas penerima vaksin karena sangat penting untuk memberikan perlindungan kepada mereka yang rentan terpapar dengan virus Covid-19.

"Kami mengapresiasi Grab dan Good Doctor atas komitmen yang berkelanjutan untuk mendukung Program Vaksinasi Nasional melalui Grab Vaccine Center dengan pendekatan teknologi dan juga ramah bagi penyandang disabilitas dan turut mendukung pemulihan ekonomi nasional," imbuhnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Rahmi Yati
Editor : Fatkhul Maskur
Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro