Cari berita
  • facebook
  • twitter
  • instagram
  • youtube
Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Ketahui 13 Buah yang Tidak Sehat Berikut Ini

Selain itu, beberapa buah dapat menyebabkan efek samping bagi orang dengan kondisi kesehatan seperti diabetes dan refluks asam. Buah-buahan ini tetap bisa dinikmati, namun dalam ukuran porsi yang lebih kecil.
Sartika Nuralifah
Sartika Nuralifah - Bisnis.com 24 Juni 2021  |  12:46 WIB
Ketahui 13 Buah yang Tidak Sehat Berikut Ini
Buah jeruk

Bisnis.com, JAKARTA - Kaya akan serat, vitamin, mineral, dan antioksidan, buah segar bisa menjadi tambahan yang bagus untuk diet yang lengkap.

Namun, jenis buah tertentu mengandung lebih banyak gula dan kalori daripada kandungan yang lain.

Selain itu, beberapa buah dapat menyebabkan efek samping bagi orang dengan kondisi kesehatan seperti diabetes dan refluks asam. Buah-buahan ini tetap bisa dinikmati, namun dalam ukuran porsi yang lebih kecil.

Inilah buah-buahan yang mengandung gula dan kalori tinggi yang mungkin perlu Anda batasi jika Anda menderita diabetes atau refluks asam.

1. Kurma

Kurma dikenal karena rasanya yang manis dan hampir seperti karamel. Versi keringnya sering dinikmati apa adanya untuk camilan praktis atau digunakan sebagai pemanis alami dalam resep.

Meskipun kaya akan antioksidan dan mikronutrien seperti potasium, tembaga, dan magnesium, mereka juga tinggi gula dan karbohidrat.

Satu cangkir (160 gram) kurma kering mengandung:

Kalori: 451

Protein: 4 gram

Gula: 101 gram

Lemak: 0,6 gram

Karbohidrat: 120 gram

Serat: 13 gram

2. Buah kering

Beberapa jenis buah kering yang paling umum termasuk apel, kismis, aprikot, mangga, nanas, dan cranberry dibandingkan denganbuah-buah lain, mereka umumnya mengandung lebih banyak kalori, karbohidrat, dan gula per porsi. Kebanyakan jenis ini juga kaya serat, potasium, dan vitamin C.

Karena kandungan gulanya yang tinggi, yang terbaik adalah menikmati buah-buahan kering dalam jumlah sedang, terutama jika Anda ingin mengurangi asupan gula.

Satu porsi (160 gram) porsi campuran buah kering mengandung:

Kalori: 477

Protein: 4 gram

Gula: 106 gram

Lemak: 1 gram

Karbohidrat: 126 gram

Serat: 8 gram

3. Leci

Berasal dari Cina tenggara, buah tropis ini dikenal dengan rasa dan penampilannya yang unik.

Buah ini mengandung banyak mikronutrien utama, termasuk vitamin C, tembaga, dan kalium. Buah ini juga mengandung gula dengan kadar yang tinggi , sehingga dapat menjadi masalah jika Anda menjalani diet rendah karbohidrat atau rendah gula.

Satu cangkir (190 gram) leci mentah mengandung:

Kalori: 125

Protein: 1,5 gram

Gula: 29 gram

Lemak: 1 gram

Karbohidrat: 31,5 gram

Serat: 2,5 gram

4. Mangga

Buah batu yang lezat ini populer karena rasanya yang manis dan teksturnya yang lembut dan creamy. Mangga juga kaya dengan berbagai nutrisi, termasuk vitamin C, folat, dan tembaga. Di sisi lain, mereka mengandung gula alami dalam jumlah tinggi di setiap sajian.

Satu cangkir (165 gram) mangga mengandung:

Kalori: 99

Protein: 1,5 gram

Gula: 22,5 gram

Lemak: 0,5 gram

Karbohidrat: 25 gram

Serat: 2,5 gram

5–7 Kalori tertinggi

Banyak jenis buah yang tinggi kalori. Meskipun mereka dapat dijadikan sebagai bagian dari diet karena padat nutrisi dan menyeluruh, Anda mungkin ingin mengatur ukuran porsi Anda jika Anda mencoba mengurangi asupan kalori atau menurunkan berat badan.

5. Alpukat

Alpukat tinggi kalori, berkat kandungan lemak tak jenuh tunggal yang menyehatkan jantung. Mereka juga merupakan sumber vitamin dan mineral penting seperti potasium, vitamin C, dan vitamin B. Plus, mereka sarat dengan serat, nutrisi penting yang dapat mendukung keteraturan dan kesehatan pencernaan.

Satu cangkir (150 gram) alpukat mengandung:

Kalori: 240

Protein: 3 gram

Gula: 1 gram

Lemak: 22 gram

Karbohidrat: 13 gram

Serat: 10 gram

6. Kelapa kering

Kelapa parut adalah bahan umum dalam makanan yang dipanggang, smoothie, dan hidangan sarapan. Meskipun kaya akan nutrisi, tetap kelapa kering ini juga tinggi lemak dan kalori. Secara khusus, kelapa kaya akan MCT, sejenis lemak yang mudah diserap oleh tubuh Anda. MCT telah dikaitkan dengan beberapa manfaat kesehatan, termasuk peningkatan komposisi tubuh dan kesehatan jantung.

Satu cangkir (93 gram) kelapa kering tanpa pemanis mengandung:

Kalori: 560

Protein: 6 gram

Gula: 6,4 gram

Lemak: 56 gram

Karbohidrat: 20 gram

Serat: 14 gram

7. Plum

Plum adalah jenis buah kering yang terbuat dari buah plum. Karena kandungan serat dan efek pencaharnya, terkadang digunakan sebagai obat alami untuk sembelit. Namun, seperti jenis buah kering lainnya, mereka juga relatif tinggi kalori, karbohidrat, dan gula.

Satu cangkir (174 gram) buah plum yang kering mengandung:

Kalori: 418

Protein: 4 gram

Gula: 66 gram

Lemak: 0,7 gram

Karbohidrat: 111 gram

Serat: 12,5 gram

8–10 Jika Anda memiliki diabetes

Jika Anda menderita diabetes, penting untuk makan banyak makanan padat nutrisi yang kaya serat untuk mendukung kadar gula darah yang sehat. Sementara itu, makanan yang rendah serat dan tinggi gula tambahan harus dibatasi, termasuk buah-buahan tertentu.

8. Manisan buah

Manisan buah adalah jenis buah yang dibuat dengan cara merendam dan memanaskan buah dalam sirup gula, sehingga menghasilkan produk dengan rasa yang manis dan umur simpan yang lama. Tidak hanya manisan buah yang tinggi kalori dan rendah serat, tetapi juga mengandung banyak gula dan karbohidrat dalam setiap penyajiannya. Ini mungkin tidak ideal bagi mereka yang menderita diabetes.

3,5 ons (100 gram) manisan buah mengandung:

Kalori: 322

Protein: 0,3 gram

Gula: 81 gram

Lemak: 0 gram

Karbohidrat: 83 gram

Serat: 2 gram

9. Jus buah

Jus buah menawarkan jumlah karbohidrat dan gula yang terkonsentrasi tanpa serat yang ditemukan dalam buah segar. Banyak jenis juga mengandung gula tambahan, yang dapat meniadakan banyak manfaat kesehatan potensial yang diberikan oleh versi segar. Dalam ulasan empat penelitian, peningkatan asupan jus buah yang dimaniskan dengan gula dikaitkan dengan risiko diabetes tipe 2 yang lebih tinggi.Studi lain pada 8.492 wanita menemukan bahwa minum jus buah dikaitkan dengan peningkatan kadar hemoglobin A1C, penanda yang digunakan untuk mengukur kontrol gula darah jangka panjang.

Satu porsi 8 ons (240 mL) jus jeruk mengandung:

Kalori: 50 gram

Protein: 0,5 gram

Gula: 10 gram

Lemak: 0 gram

Karbohidrat: 13 gram

Serat: 0 gram

10. Buah kalengan

Buah kalengan bisa menjadi cara cepat dan nyaman untuk memasukkan beberapa porsi buah ke dalam makanan Anda, itu mungkin bukan pilihan terbaik bagi mereka yang menderita diabetes, karena pada  umumnya lebih tinggi kandunga  karbohidrat dan gula, serta lebih rendah serat, dibandingkan dengan jenis buah lainnya.

Secara khusus, buah kalengan dalam sirup atau jus berat biasanya jauh lebih tinggi gula daripada buah kalengan dalam air. Dengan demikian, versi kalengan air mungkin menjadi pilihan yang lebih baik ketika bertujuan untuk menjaga kadar gula darah Anda tetap terkendali.

Satu cangkir (214 gram) porsi koktail buah kalengan mengandung:

Kalori: 150

Protein: 1 gram

Gula: 36,5 gram

Lemak: 0,2 gram

Karbohidrat: 40 gram

Serat: 3,5 gram

11–13 Jika Anda memiliki GERD

Buah-buahan tertentu dapat memperburuk gejala bagi mereka yang menderita penyakit refluks gastroesofagus (GERD), juga dikenal sebagai refluks asam. Meskipun buah-buahan ini sangat bergizi dan dapat dimasukkan ke dalam diet seimbang, Anda mungkin ingin membatasi asupan Anda jika ternyata memicu gejala refluks asam.

11. Jeruk

Buah jeruk sarat dengan nutrisi penting seperti serat, vitamin C, dan potasium. Sayangnya, mereka juga sangat asam dan dapat memperburuk mulas bagi penderita GERD.

Satu jeruk mengandung:

Kalori: 73

Protein: 1 gram

Gula: 12 gram

Lemak: 0,2 gram

Karbohidrat: 16,5 gram

Serat: 3 gram

12. Tomat

Meskipun sering digunakan sebagai sayuran dalam banyak resep, tomat secara teknis diklasifikasikan sebagai buah. Bahan bergizi ini kaya akan vitamin C, serat, dan likopen - karotenoid yang telah dipelajari dengan baik untuk efek antioksidannya. Namun, seperti buah jeruk, keasaman tomat dan produk berbasis tomat dapat memicu gejala pada orang dengan GERD.

Satu cangkir (180 gram) tomat cincang mengandung :

Kalori: 32

Protein: 1,5 gram

Gula: 5 gram

Lemak: 0,5 gram

Karbohidrat: 7 gram

Serat: 2 gram

13. Jeruk bali

Jeruk bali adalah jenis buah jeruk yang dikenal dengan rasanya yang gurih, asam, dan sedikit pahit. Buah ini rendah kalori dan kaya akan vitamin dan mineral seperti vitamin A dan C, potasium, dan tiamin. Sayangnya, jus jeruk bali dan jeruk bali juga merupakan pemicu gejala umum bagi penderita GERD.

Satu cangkir (230 gram) porsi jeruk bali mengandung:

Kalori: 69

Protein: 1 gram

Lemak: 0,2 gram

Karbohidrat: 17 gram

Serat: 2,5 gram

Meskipun buah sangat bergizi dan terkait dengan banyak manfaat kesehatan, beberapa jenis (terutama versi kering, dijus, dan kalengan) memiliki kandungan yang tinggi gula dan kalori. Tak hanya itu, beberapa jenis buah tertentu dapat meningkatkan kadar gula darah pada penderita diabetes atau memicu gejala pada penderita GERD.Namun, perlu diingat bahwa sebagian besar jenis buah segar yang diproses secara minimal dapat dinikmati dalam jumlah sedang sebagai bagian dari diet padat nutrisi dan me

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

kesehatan buah
Editor : Mia Chitra Dinisari

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini

back to top To top