Ruang kerja
Relationship

Inspirasi Interior Tempat Kerja saat Kembali WFO

Mia Chitra Dinisari
Sabtu, 17 Juli 2021 - 18:15
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Jika suatu saat Anda kembali bekerja di kantor atau WFH pasti ingin suasana baru bukan? 

“Kira-kira pengaturan tempat kerja seperti apa yang diinginkan para pekerja kantoran setelah pandemi berakhir?”

Arkadia Works & VINOTI Office, perusahaan yang berfokus pada perancangan tempat kerja, melakukan survei berjudul “Workplace Survey After Pandemic” dengan metode “User-centric Survey” untuk mengetahui preferensi tempat kerja dari sudut pandang pengguna ruang kerja.

Dari 1.313 responden, hasil survei menunjukkan bahwa mayoritas 75,5% responden lebih memilih pengaturan hybrid (campuran WFO dan WFH) sebagai preferensi tempat kerja setelah pandemi. Sedangkan 9,7% responden memilih WFO dan 14% responden memilih WFH.

Mengenai kelebihan bekerja dari rumah (WFH), jawaban terbanyak adalah ‘Lebih terhindar dari risiko tertular virus’ (79,2%) dan ‘Lebih fleksibel bekerja dari manapun’ (69,2%). Sebaliknya, menurut responden, kekurangan bekerja dari rumah adalah ‘Tidak ada interaksi sosial’ (67,2%), ‘Jam kerja tidak teratur’ (52,3%) dan ‘Ruang kerja tidak kondusif’ (51,9%).

Saat dimintai pendapat mengenai kelebihan bekerja dari kantor (WFO), responden menjawab 'Lebih mudah berkoordinasi' (75,9%) dan 'Lebih mudah berkomunikasi' (68,2%). Di sisi lain, kekurangannya adalah ‘Khawatir risiko tertular virus’ (86,7%) dan ‘Waktu perjalanan dari rumah ke tempat kerja (64,3%).

Pada level Senior Management, mayoritas 78,3% responden memilih pengaturan hybrid (campuran WFH dan WFO). Sedangkan 6,02% responden memilih WFO dan 15,6% memilih WFH.

Di Jabodetabek, mayoritas 77,8% responden lebih memilih pengaturan hybrid (campuran WFH dan WFO). Sedangkan 7,47% responden memilih WFO dan 14,3% memilih WFH.

“Kami membayangkan bahwa tempat kerja setelah pandemi akan tetap mengadopsi penerapan beberapa strategi new normal dengan pemanfaatan teknologi digital, penyaringan udara yang disempurnakan, pengaturan WFH, serta tombol touchless”, ujar Wiza Hidayat, CEO Arkadia Works dalam keterangan tertulis 

Menurut Wiza, suatu siklus pekerjaan pada beberapa industri tetap membutuhkan pertemuan fisik untuk menyelesaikan sebuah pekerjaan, karena pada dasarnya manusia adalah makhluk sosial.s

“Saat ini, konsep karyawan dapat bekerja dari mana saja menjadi new normal bagi banyak perusahaan. Hal ini mendatangkan tantangan baru bagi kepemimpinan dan teknologi, untuk memastikan tujuan perusahaan tercapai meskipun harus bekerja dari mana saja. Perusahaan perlu memastikan keamanan karyawan dengan menerapkan protokol kesehatan serta penyediaan sarana dan prasarana untuk menghindari penularan. Dengan demikian karyawan dapat bekerja produktif tanpa rasa khawatir”, kata William Simiadi, Presiden Direktur VINOTI Office.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro