Ilustrasi pasien yang terinfeksi Covid-19 mengalami sesak napas saat isolasi mandiri di rumah/Freepik.com
Health

Selain Proning, Begini Cara Latihan Pernapasan untuk Pasien Covid-19

Mutiara Nabila
Minggu, 18 Juli 2021 - 09:35
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA – Pada saat terinfeksi Covid-19 tak sedikit pasien yang merasakan sesak dan mengalami penurunan saturasi oksigen. Oleh karena itu, perlu dilakukan latihan pernapasan agar saturasi oksigen kembali naik.

Dokter Spesialis Rehabiltasi Medik Fitri Azizah Noor menjelaskan bagi yang masih terkena Covid-19, latihan pernapasan bermanfaat untuk meningkatkan saturasi oksigen.

“Kalau saturasi bagus, penyembuhan jaringan juga makin bagus,” ujarnya saat live bersama Pandemic Talks, dikutip Minggu (18/7/2021).

Adapun, cara yang paling mudah, pertama melemaskan seluruh tubuh, mulai dari tangan, kaki, lengan, tungkai, dan bahu dilemaskan. Kemudian bahu diputar ke depan 10 kali, sambil diputar ambil napas lewat hidung, dan hembuskan lewat mulut.

“Ini dilakukan pelan-pelan saja, dirasakan hembusan napasnya, sambil meditasi. Kalau sudah 10 kali, bahunya digerakan ke belakang. Ambil napas, buang napas sampai diulang 10 kali,” jelasnya.

Kedua, setelah bahu, lengan juga ikut digerakan untuk membuka dan memperluas permukaan atau dinding dada.

Tangan direntangkan ke depan, sambil mengambil napas tarik lengan ke belakang. Lalu perlahan hembuskan napas sambil tarik tangan kembali ke depan. Kegiatan ini bisa diulang 5-15 kali.

Ketiga, lakukan pernapasan menggunakan diafragma. Caranya, satu tangan dengan jari dibentangkan di letakkan di dada, sementara tangan satunya ditaruh di atas perut bagian atas yang dekat ke dada.

Ambil napas sebanyak-banyaknya dengan mengembangkan perut dan dada bersamaan. Lalu hembuskan lewat mulut seperti meniup lilin, pelan, dan mulut mengerucut.

“Bayangkan seperti meniup lilin tapi lilinnya jangan sampai mati. Ini bisa diulang 10-15 kali,” paparnya.

Agar lebih maksimal, dokter Fitri menjelaskan, kegiatan latihan pernapasan ini bisa diulang setiap 4 jam sekali jika tidak ada tanda-tanda fatigue atau kelelahan terus menerus.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Mutiara Nabila
Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro