Durian/Istimewa
Health

Pecinta Durian, Ini Lho 6 Manfaat Makan Buah Beraroma Khas Itu

Janlika Putri Indah Sari
Senin, 19 Juli 2021 - 19:21
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA — Bagi sebagai orang, buah durian dihindari karena aromanya yang menyengat.

Namun banyak pula yang mengemari si raja buah satu ini.

Suka atau tidak suka, ternyata durian memiliki manfaat lebih dari yang Anda kira.

Dilansir dari Herworld, berikut manfaat kesehatan dari durian :

1. Membuat bahagia

Daging durian yang lezat bukan satu-satunya alasan untuk menimbulkan senyum di wajah Anda. Buah ini memiliki bahan kimia untuk bahagia yang membuat Anda merasa baik.

Durian mengandung asam amino triptofan yang diubah menjadi serotonin. Itu adalah neurotransmitter yang menginduksi perasaan bahagia dan rileks. Jadi mood akan membaik secara alami setelah makan durian.

2. Membuat tidur nyenyak

Kejutan lainnya adalah raja buah-buahan itu bisa membuat tidur lebih nyenyak. Triptofan yaitu asam amino esensial dalam durian diubah menjadi melatonin. Itu adalah hormon yang mengontrol siklus tidur Anda. Semakin tinggi kadar melatonin, semakin mudah untuk tertidur.

Jika kesulitan tidur, ganti camilan sebelum tidur dengan durian. Namun satu biji saja.

3. Membantu mengontrol tekanan darah

Durian kaya akan potasium, elektrolit yang membantu menjaga tingkat tekanan darah. Tekanan darah tinggi, juga dikenal sebagai hipertensi, dapat menyebabkan beberapa komplikasi kesehatan seperti penyakit jantung, stroke, dan gagal ginjal.

4. Sumber energi yang sangat baik

Durian sangat bagus sebagai camilan sebelum berolahraga. Buah ini tinggi karbohidrat, yang memberikan pelepasan energi dengan cepat untuk membuat Anda tetap kuat selama berolahraga.

Dua biji durian berukuran sedang (54g) mengandung 89 kalori. Itu akan memberi Anda jumlah karbohidrat yang hampir sama dengan pisang ukuran sedang.

5. Meningkatkan kesehatan tulang

Zat besi dan tembaga adalah mineral yang penting untuk tulang yang kuat. Dan durian kaya akan mineral tersebut. Sebuah studi oleh Pusat Informasi Bioteknologi Nasional menunjukkan bahwa memiliki asupan zat besi yang lebih tinggi membantu meningkatkan kepadatan tulang, sedangkan asupan kalsium yang lebih tinggi memiliki efek yang dapat diabaikan pada tulang.

6. Baik untuk kulit

Durian mengandung 11.6 mg vitamin C per porsi atau dua biji pada ukuran sedang.

Buah itu mengandung lebih banyak vitamin C daripada kebanyakan buah tropis. Vitamin C memiliki sifat antioksidan untuk melawan radikal bebas dalam tubuh, sehingga mengurangi munculnya pigmentasi dan kerutan.

Faktor lingkungan seperti paparan asap rokok dan sinar ultraviolet dari matahari menyebabkan kerusakan radikal bebas pada kulit.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro