Ilustrasi Skoliosis/Ilham-Bisnis
Health

Apa Itu Kematian Tulang dan Bagaimana Cara Mendeteksinya?

Janlika Putri Indah Sari
Kamis, 19 Agustus 2021 - 19:37
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA— Nekrosis avaskular (AVN) atau kematian jaringan tulang sebagian besar ditemui di sendi pinggul, lutut, bahu, pergelangan kaki, dan sendi lainnya.

Beberapa pasien yang telah pulih dari infeksi Covid-19, kasus AVN semakin meningkat dilaporkan di berbagai bagian negara.

Dilansir dari indianexpress, Kamis (19/8/2021) konsultan senior dan bedah ortopedi di Rumah Sakit Fortis di Mulund,
Dr Sachin Bhonsle menjelaskan bahwa kebanyakan kasus terjadi pada mereka yang telah meningkatkan penggunaan produk steroid jangka panjang, dan mereka yang memanjakan diri dalam pengobatan sendiri.

AVN sendiri terjadi ketika suplai darah ke tulang terganggu. Selanjutnya, tulang menjadi mati dan mengering. Akibatnya, persendian yang terbentuk dari tulang mati ini menjadi rematik dan rusak.

Gejala utamanya adalah nyeri dan kekakuan sendi yang menyebabkan nyeri saat berjalan.

Penyebabnya bisa meliputi:

1. Trauma sendi atau tulang. Patah tulang pinggul atau dislokasi dapat merusak pembuluh darah di dekatnya.

2. Perawatan kanker yang melibatkan radiasi juga dapat melemahkan tulang dan merusak pembuluh darah.

3. Timbunan lemak di pembuluh darah. Lemak (lipid) dapat menyumbat pembuluh darah kecil, mengurangi aliran darah yang memberi makan tulang.

4. Kondisi bawaan seperti penyakit sel sabit dan penyakit Gaucher, juga dapat menyebabkan berkurangnya aliran darah ke tulang.

5. Kondisi lain yang lebih jarang termasuk pankreatitis, SLE, AIDS.

Dr Bhonsle mengatakan tahap awal tidak terlalu parah, di mana persendian dapat dipertahankan dengan obat-obatan atau intervensi dini.

Namun pada stadium tiga dan empat, tulangnya kolaps karena AVN dan membutuhkan penggantian sendi.

Menurut dokter, nyeri yang terkait dengan AVN pinggul mungkin berpusat di selangkangan, paha, atau bokong.

Beberapa orang mengembangkan AVN di kedua sisi seperti di kedua pinggul dan di kedua lutut. Beberapa orang tidak memiliki gejala pada tahap awal.

"Saat kondisinya memburuk, sendi yang terkena mungkin sakit hanya ketika Anda membebaninya. Akhirnya, Anda mungkin merasakan sakit bahkan ketika berbaring. Rasa sakit bisa ringan atau berat, dan biasanya berkembang secara bertahap, ”katanya.

Berikut adalah saja faktor risiko AVN:

1. Penggunaan steroid

Penggunaan kortikosteroid dosis tinggi, seperti prednison, adalah penyebab umum. Alasannya tidak diketahui, tetapi satu hipotesis adalah bahwa kortikosteroid dapat meningkatkan kadar lipid dalam darah Anda, mengurangi aliran darah di tikungan tulang pinggul.

2. Asupan alkohol berlebihan dan merokok

Mengkonsumsi alkohol dalam waktu lama dapat menyebabkan timbunan lemak terbentuk di pembuluh darah Anda.

3. Penggunaan bifosfonat

Penggunaan obat-obatan jangka panjang untuk meningkatkan kepadatan tulang mungkin berkontribusi pada perkembangan osteonekrosis rahang. Komplikasi langka ini telah terjadi pada beberapa orang yang diobati dengan kanker dosis tinggi, seperti multiple myeloma dan kanker payudara metastatik.

4. Perawatan medis tertentu

Terapi radiasi untuk kanker dapat melemahkan tulang. Transplantasi organ, terutama transplantasi ginjal, juga dikaitkan dengan AVN.

Dokter menjelaskan bahwa obat-obatan atau terapi sel induk invasif minimal akan menyembuhkan kondisi ini pada tahap awal.

Dalam perawatan ini, sampel sumsum tulang pasien disedot dengan jarum suntik dan dikirim ke laboratorium. Kemudian dilakukan mengisolasi sel-sel pembentuk tulang atau osteoblas dan menggandakannya. Osteoblas yang berlipat ganda ditanamkan setelah membersihkan tulang mati sehingga menyembuhkan penyakit sepenuhnya.

“Dalam kasus lanjut, penggantian pinggul total adalah solusi jangka panjang yang sangat baik. Penggantian pinggul cenderung berlangsung selama beberapa dekade dan memiliki rekam jejak yang sangat baik,” tutup Dr Bhonsle.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro