Telur/Istimewa
Health

Inilah Makanan yang Dibutuhkan Penyintas Covid-19

Newswire
Kamis, 26 Agustus 2021 - 10:04
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Anda yang sudah pulih dari Covid-19 disarankan tetap menjaga imunitas tubuh salah satunya melalui konsumsi makanan bergizi yang cukup khususnya protein.

"Protein merupakan salah satu zat gizi makro yang menjadi sumber pembentukan sel imun dan antibodi dalam tubuh. Setidaknya, penyintas Covid-19 disarankan untuk memakan tiga porsi protein sehari," kata Chief of Medical Halodoc, dr. Irwan Heriyanto, MARS dalam siaran persnya, Kamis (26/8/2021).

Berbagai jurnal penelitian internasional menyebut, pentingnya protein dalam meningkatkan imunitas tubuh.

Apabila Anda tak yakin apakah asupan protein harian yang dikonsumsi mencukupi, Anda mencoba meminum suplemen makanan kaya protein dan asam amino sebagai tambahan.

Di sisi lain, Anda juga sebaiknya tetap memperhatikan kondisi kesehatan Anda.

Menurut Organisasi Kesehatan Dunia (WHO), waktu pemulihan bagi mereka yang sudah sembuh dari Covid-19 akan tergantung dengan keparahan penyakitnya dan tipikal gejala yang dialami.

Usai mendapatkan hasil tes PCR negatif, tubuh tidak dengan otomatis dapat kembali normal.

Seperti dilansir dari The Pharmacy Times, disebutkan 87,4 persen orang yang pulih dari Covid-19 masih melaporkan mengalami setidaknya satu gejala seperti kelelahan dan sesak napas.

Berdasarkan beberapa penelitian, pasien yang telah sembuh dari Covid-19 memiliki risiko yang lebih tinggi untuk mengidap penyakit lainnya, setidaknya dalam waktu singkat.

Selain itu, penyintas Covid-19 juga kerap mengalami gejala emosional.

Laporan ilmiah yang dipublikasikan US Pharm pada tahun 2021 menunjukkan pasien yang pernah memiliki riwayat positif Covid-19 memiliki tendensi untuk menderita kecemasan, disregulasi emosi, dan perburukan kondisi mental yang sebelumnya sudah ada.

Hal lain yang tak kalah penting, Anda disarankan tetap menerapkan protokol kesehatan dan mendapatkan vaskinasi (apabila belum).

Penyintas Covid-19 memiliki kekebalan tubuh terhadap virus SARS-CoV-2 selama sekitar 8 bulan atau lebih.

Meski begitu, kasus terjadinya infeksi berulang masih dapat terjadi. Ini artinya, meski telah sembuh, protokol kesehatan tetap harus diterapkan.

Penyintas Covid-19 tetap harus memakai masker, menjaga jarak, mencuci tangan dengan air mengalir dan sabun, menghindari kerumunan, dan membatasi mobilitas atau aktivitas di luar rumah.

Studi dari MMWR juga menyebut, penyintas yang telah mendapatkan vaksin memiliki kemungkinan reinfeksi lebih rendah daripada mereka yang tidak.

 

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Newswire
Editor : Nancy Junita
Sumber : Antara
Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro