Boy Band K-Pop BTS tampil memukai di panggung / BBC.com
Entertainment

China Blokir 22 Akun Fans Kpop, Termasuk BTS dan Blackpink

Amanda Kusumawardhani
Rabu, 8 September 2021 - 11:44
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA – Setelah menekan industri teknologi, gim, dan kursus setelah sekolah, kini China mengincar industri hiburan. Media sosial Weibo telah memblokir 22 akun fans. 

Akun fans yang masuk dalam daftar pemblokiran tersebut salah satunya adalah penggemar BTS yang sempat melakukan penghimpunan dana untuk merayakan ulang tahun ke-26 tahun salah satu anggotanya, Jimin.

Dilansir BBC, Rabu (8/9/2021), Weibo menuduh akun fans tersebut telah melakukan penghimpunan dana secara ilegal.

Dalam keterangan resminya, perusahaan itu menyatakan Weibo menentang perilaku memuja idola secara berlebihan dan akan menindaknya dengan serius. Perusahaan asal China itu juga akan mengatur diskusi online dan ketertiban komunitas di platformnya

Akun fans BTS diblokir selama 60 hari. Sebaliknya, akun fans Kpop lainnya yakni Blackpink, GOT7, dan EXO juga diblokir selama 30 hari.

Langkah pemblokiran akun fans tersebut sejalan dengan upaya pemerintah yang berkomitmen untuk mengatur industri hiburan yang disesuaikan dengan budaya ketimuran dan standar Partai Komunis.

Pekan lalu, dua organisasi pemerintah meluncurkan pedoman yang akan melarang siaran yang melibatkan selebritas vulgar dan laki-laki feminim karena kedua hal tersebut dianggap tidak menggambarkan nilai-nilai China.

Selain itu, Cyberspace Administration of China (CAC) pada Juni lalu mengumumkan 10 kebijakan untuk membersihkan apa yang mereka sebut ‘kekacauan akibat budaya fans club’.

Agensi tersebut akan melarang penggemar di bawah umur melakukan penghimpunan dana. Tak hanya itu, pemberian ranking selebritas berdasarkan popularitas kini dilarang.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Sumber : BBC.com
Bagikan

Tags :


Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro