Ilustrasi/Codyapp
Health

8 Tanda Tubuh dan Otak Cukup Asupan Cairan

Ni Luh Anggela
Jumat, 24 September 2021 - 19:06
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA – Cairan, terutama yang berasal dari air sangat penting bagi tubuh manusia. Bagaimana tidak, kandungan air di dalam tubuh manusia sekitar 60 hingga 70 persen dari berat tubuh.
 
Untuk dapat berfungsi dengan baik, sel-sel di seluruh tubuh Anda membutuhkan air. Ini karena sel mengandung air dan dikelilingi oleh air. Apabila Anda tidak memenuhi kebutuhan cairan yang diperlukan tubuh, akan ada dampak buruk yang mengintai tubuh Anda.
 
Tetap terhidrasi adalah salah satu kebiasaan paling sehat dan mudah yang dapat Anda terapkan. Berikut adalah tanda tubuh dan otak Anda mendapatkan cukup cairan, melansir The Healthy, Jumat (24/9/2021).
 
1. Daya ingat Anda meningkat

Otak Anda sangat bergantung pada cairan untuk bekerja dengan baik. Menurut penelitian yang diterbitkan dalam British Journal of Nutrition, dehidrasi memengaruhi fungsi kognitif dan suasana hati Anda, dan dehidrasi parah dapat memengaruhi memori jangka pendek Anda.
 
2. Lebih kuat dan lebih cepat

Pernahkah Anda merasa pegal saat berolahraga, padahal sehari sebelumnya Anda  tidak berolahraga? Rasa sakit dan nyeri tersebut, serta kesulitan yang Anda alami ketika mencoba mengangkat beban yang lebih berat atau mendorong lebih jauh, dapat disebabkan oleh dehidrasi dan bukan karena kurangnya kekuatan. Ketika kita mengambil jumlah air yang tepat untuk tubuh kita, otot kita menjadi lebih rileks, yang meningkatkan energi dan memaksimalkan kinerja kita.
 
3. Fokus Anda dapat meningkat

Menurut penelitian dari Georgia Tech, dehidrasi ringan dapat memengaruhi kemampuan Anda untuk fokus dan melakukan pekerjaan. Sama seperti tidur, menjaga pola makan yang sehat, dan meluangkan waktu untuk mengeluarkan keringat di kelas olahraga favorit Anda atau menempuh jarak bermil-mil di jalur lari terdekat, air adalah salah satu kebutuhan terpenting tubuh Anda.
 
Faktanya, karena kita terdiri dari begitu banyak air, masuk akal mengapa kita terus-menerus membutuhkannya untuk mengisi, membersihkan, dan memberi makan sistem kita.
 
4. Pencernaan Anda menjadi lebih sehat

Orang yang minum cukup air biasanya buang air besar secara teratur. Buang air besar yang keras atau sembelit bisa menjadi tanda bahwa Anda tidak mendapatkan cukup air.
 
5. Anda dapat mengurangi ngemil 

Ronald Navarro, MD, ahli bedah ortopedi dan kedokteran olahraga di Kaiser Permanente South Bay Medical Center di Harbour City, California, menjelaskan, hidrasi yang tepat dapat berfungsi sebagai penekan nafsu makan dan membantu penurunan berat badan atau manajemen berat badan.
 
6. Anda membutuhkan lebih sedikit kalori

Menurut Dennis Cardone, DO, kepala kedokteran olahraga perawatan primer di NYU Langone Orthopaedics, minum air sebelum dan selama makan membuat Anda kenyang lebih cepat, menggantikan keinginan dan kebutuhan akan kalori tambahan.
 
“Minum air sebelum dan selama makan dapat mengurangi nafsu makan dan membantu penurunan berat badan,” catatnya.
 
Memilih makanan dengan kandungan air yang tinggi juga akan membantu. Banyak buah dan sayuran memiliki kandungan air yang tinggi, sehingga dapat memberikan tambahan air tanpa Anda harus minum apa pun.
 
7. Kulit Anda mungkin lebih bercahaya

Kulit bisa mendapatkan banyak manfaat dari hidrasi, dan, bagi sebagian orang, menghidrasi dapat membersihkan kulit Anda atau membuatnya terlihat lebih muda. Kulit kita juga membutuhkan air untuk melakukan tugasnya mengatur suhu tubuh. Ketika orang yang biasanya tidak minum banyak air menambahkan lebih banyak H2O ke dalam makanan mereka, efeknya muncul pada kulit mereka, membuatnya lebih elastis dan lembab.
 
8. Anda akan berada dalam suasana hati yang lebih baik

Berapa banyak air yang Anda minum dapat mengacaukan suasana hati Anda, menurut penelitian dari University of Connecticut, yang mengamati kebiasaan minum air dari 120 wanita usia kuliah. Semakin banyak air yang mereka minum, semakin berkurang ketegangan, depresi, dan kemarahan mereka. Jadi minumlah. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Ni Luh Anggela
Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro