Louis Vuitton/Ilustrasi-Reuters
Fashion

Cara Membedakan Tas Louis Vuitton Asli dan KW

Ni Luh Anggela
Jumat, 1 Oktober 2021 - 15:59
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA – Di luar sana, banyak sekali oknum yang terus-menerus mencoba untuk mengambil keuntungan dari pembeli untuk mencari barang-barang mewah, dengan meniru dan menggunakan logo dari merek ternama.
 
Louis Vuitton, atau yang sering disingkat LV, adalah salah satu merek mewah Prancis yang paling terkenal, tas dan aksesori kulitnya identik dengan gaya dan kualitas. Namun, mereka sering ditiru produknya oleh oknum-oknum yang tidak bertanggung jawab.
 
Agar Anda tidak menjadi korban penipuan, ada cara terbaik untuk memastikan apakah barang yang Anda beli asli atau palsu. Berikut cara mengidentifikasi apakah tas LV tersebut asli atau palsu, seperti dilansir dari Luxury Columnist, Jumat (1/10/2021).

1. Periksa jahitannya

Jumlah jahitan, kualitas, keselarasan, dan warna jahitan semuanya dapat menunjukkan apakah itu tas asli atau palsu. Meskipun tas LV asli terkadang tidak memiliki jahitan yang sempurna, tas tersebut akan selalu dibuat dengan baik. Jumlah jahitan harus selalu mencerminkan satu sama lain pada bagian tas yang simetris. Untuk tas tertentu, para ahli dapat menghitung jumlah jahitan yang tepat di tempat tertentu dan mengetahui apakah itu tas asli.

2. Lihat stempelnya

Di semua tas LV asli ada stempel yang berfungsi sebagai tanda otentikasi. Tidak seperti Chanel, yang memiliki kartu keaslian yang disertakan dengan pembelian, stempel ini ditempatkan di bagian dalam tas. Untuk waktu yang lama, stempel ini ditandai sebagai "Louis Vuitton Paris" tetapi karena tas tersebut sekarang dibuat di negara lain, Anda dapat menemukan stempel dengan Spanyol, Amerika, dan negara lainnya.

3. Lihat cap tanggalnya

Sama dengan stempel di dalam tas, Anda dapat menggunakan kode tanggal LV untuk melihat apakah itu asli. Huruf-huruf itu mewakili negara tempat mereka dibuat sementara empat angka mewakili kapan mereka dibuat. Ini berfungsi sebagai nomor model. Pada tas yang berasal dari tahun 2007 hingga 2021, angka pertama dan ketiga mewakili minggu dalam tahun pembuatannya. Angka kedua dan keempat mewakili tahun pembuatannya.

4. Periksa hardware LV

Cara mudah untuk melihat apakah tas merek mewah itu asli adalah dengan melihat hardware-nya, seperti potongan aksen atau tarikan resleting. Pada tas vintage yang tak lekang oleh waktu seperti tas Louis Vuitton Neverfull, Anda dapat segera mengetahui apakah itu imitasi. Pada tas khusus ini, Anda hanya perlu melihat bagian depan saku bagian dalam. Hardware harus dalam bentuk seperti huruf D, tetapi barang palsu cenderung berbentuk bulat.

5. Perhatikan strip kulit

Melihat strip kulit yang menutupi tas dan membentuk pegangan adalah cara lain yang pasti untuk mengidentifikasi apakah itu tas Louis Vuitton asli atau palsu. Namun, hal ini baru bisa diketahui setelah memiliki tas cukup lama atau setelah membeli tas bekas. Dan itu khusus untuk tas yang menggunakan kulit berwarna pucat seperti beberapa potong dari jajaran tas Speedy.
 
Tali pengikat ini terbuat dari kulit Vachetta dan ada alasan khusus untuk ini. Pada tas Louis Vuitton asli, tali ini, seiring waktu, akan mulai menggelap dan berubah menjadi warna cokelat keemasan. Jika Anda memiliki tas atau membeli tas antik bekas dan warnanya tetap sama, sayangnya itu palsu.

6. Perhatikan dust bagnya

Cara lain untuk mengetahui apakah tas atau dompet Louis Vuitton itu asli adalah dengan melihat dust bag, tas tempat barang tersebut masuk. Ini adalah cara mudah untuk mengidentifikasi yang palsu karena desainnya minimalis. Dust bag asli memiliki warna cokelat lembut dan menampilkan nama, Louis Vuitton, atau memiliki logo LV di tengah tas.
 
Jadi, jika Anda membeli tas yang memiliki detail lain, seperti nomor seri, kode negara, atau informasi lain yang tidak berharga, kemungkinan besar Anda memiliki tas palsu.

7. Perhatikan logonya

Tampaknya cukup sederhana tetapi ada perbedaan mencolok pada logo palsu. Huruf L harus selalu lebih rendah dari huruf V. Pastikan untuk memeriksa apakah huruf miring atau tidak rata. Anda juga harus melihat pola monogram secara diagonal.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Ni Luh Anggela
Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro